Curug Karang Gemantung, Pesona Tersembunyi Di Sadang

Monday, 18 May 2015 / Daerah

SADANG – Saat menginjakkan kaki di Cagar Alam Geologi Karangsambung, cobalah untuk berkunjung ke sebuah air terjun atau Curug yang baru-baru ini mulai ramai dibicarakan oleh masyarakat Kebumen, yakni Curug Karang Gemantung. Lokasinya berada di Desa Pucangan, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Curug yang berada dilereng Bukit Gliwang (452 m/dpl) ini mulai dikunjungi setelah banyak pengunjung, terutama warga setempat dan penggiat wisata Kebumen yang berfoto dan kemudian mengunggahnya ke jejaring sosial media seperti Facebook, Twitter, Path dan Instagram sejak awal tahun 2014 lalu. Memang, bagi warga setempat, Curug Karang Gemantung cukup populer sebagai tempat wisata.

Curug Karang Gemantung ini berada di rangakaian Pegunungan Serayu Selatan di ketinggian 230 meter diatas permukaan air laut. Lokasinya masuk dalam kompleks satuan Seboro atau Melange Seboro, sebuah morfologi pra-tersier yang dicirikan oleh bukit yang menyendiri, tidak teratur, dan berbentuk prismatik di Cagar Alam Geologi Karangsambung.

Curug Karang Gemantung berada di aliran Sungai Pucangan dan memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan dua aliran air yang mengucur dari tebing berbatu hitam. Konon, dinamakan Karang Gemantung dikarena terdapat batu seperti karang yang menggantung ditebing tersebut, atau dalam bahasa setempat disebut Gantung/ Gemantung.

Suasana asri dan alami menjadi daya tarik tersendiri bagi Curug Karang Gemantung. Bagaimana tidak, jauh dari hiruk pikuk keramaian dan berada ditengah rimbunnya hutan pinus membuat tempat ini menjadi sejuk. Ditambah masih sepi karena belum banyak warga yang berkunjung ke tempat ini selain warga Desa Pucangan saja.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Curug Karang Gemantung baiknya ditemani oleh warga setempat atau orang yang sudah pernah berkunjung ke curug tersebut sebelumnya. Pasalnya belum banyak tanda termasuk jalan yang bisa menunjukan arah menuju curug tersebut sehingga menyulitkan pencarian tanpa pemandu. Bagaimana? tertarik? Koordinat/ Google Map: goo.gl/maps/mz7F6 (LintasKebumen©2015)