Kabupaten Kebumen

Pemerintah Kabupaten

Kebumen

2013, Jabatan 404 Kades Berakhir



KEBUMEN - Sebanyak 404 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Kebumen akan berakhir masa jabatannya tahun 2013 mendatang. Tiga desa diantaranya akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) lebih awal yakni pada 27 Nopember 2012 mendatang.

Kepala Bagian Tata pemerintahan Setda Kebumen Subagyo S.Sos MM melalui Kasubag Pemerintahan Desa dan Pertanahan Drs Sumarno MSi mengatakan tiga desa yang akan menggelar Pilkades tahun ini ialah Desa Sembir Kadipaten, Kecamatan Prembun karena kadesa mengundurkan diri, kemudian Desa Kenojayan Kecamatan Ambal dan Desa Kejawang, Kecamatan Sruweng. "Kedua Kades tersebut meninggal dunia sebelum masa jabatannya berakhir," ujar Subagyo kepada Suara Merdeka, Selasa (25/9).

Sumarno menambahkan, sisanya sebanyak 401 desa dijadwalkan akan menggelar Pilkades tahun 2013 mendatang. Pilkades akan digelar dalam empat tahap. "Namun jadwal pelaksanaannya masih belum ditetapkan," imbuhnya.

Bentuk BPD

Yang pasti jadwal akan disesuaikan dengan berakhirnya masa jabatan masing-masing kepala desa. Sebelum pelaksanaan Pilkades terlebih dahulu akan membentuk BPD. "Kebetulan masa jabatan juga berakhir," imbuh Sumarno memperkirakan tahap awal Pilkades akan digelar antara bulan Mei dan Juni.

Terkait bantuan APBD, dia menyampaikan besaran bantuan masih sama dengan tahun 2012. "Setiap desa yang menggelar Pilkades akan memperoleh bantuan sebesar Rp 10 juta dari APBD," imbuhnya.

Sementara itu tahun 2012 ini, Pilkades digelar di lima desa. Pada tahap pertama Pilkades digelar di dua desa yakni Desa Seboro Kecamatan Sadang dan Desa Argosari Kecamatan Ayah. (J19-91)

sumber : suaramerdeka