Kabupaten Kebumen

Pemerintah Kabupaten

Kebumen

Hingga Akhir Agustus, Realisasi APBD 2012 Mencapai 54,57%

Kebumen - Pembangunan pada hakekatnya merupakan suatu proses kegiatan yang berlangsung secara terus menerus dalam mencapai keadaan yang lebih baik secara terencana dan hasilnya harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. 

Pembangunan tidak lepas dari pengendalian yang meliputi monitoring, evaluasi dan pelaporan dari kegiatan pembangunan itu sendiri. Yang dimaksud dengan pengendalian adalah untuk menjamin suatu program/kegiatan dapat dilaksanakan sesuai rencana yang ditetapkan. Pengendalian dilakukan terhadap masukan, keluaran dan hasil. Demikian halnya dalam pelaksanaan APBD di Kabupaten Kebumen, Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui sinergitas antara Bagian Organisasi Setda, DPPKAD, Inspektorat dan Bappea melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Pembangunan / Kegiatan (Rakor POK/K) Periode Akhir Agustus 2012 di Gedung Setda Kab. Kebumen hari Kamis (28/9) pagi.

Rakor POK/K ini menjadi sarana untuk evaluasi kegiatan pembangunan namun dilaksanakan setiap triwulan.  Pada Rakor POP Periode Bulan Agustus ini pengelola aggaran juga dihadirkan. Mereka adalah SKPD dan Sub SKPD yang terbagi dalam 182 SKPD dan Sub SKPD terdiri dari 28 Badan/Dinas/Kantor/Satuan, Kepala Daerah dan Wakilnya, 1 Sekretariat DAerah (8 bagian), DPRD, 1 Sekretariat DPRD, 26 UPTD Dikpora, 1 SKB, 58 SMP,14 SMA, 7 SMK, 26 Kecamatan dan 11 Kelurahan.

Sekda Kebumen, H. Adi Pandoyo, SH. M.Si secara langsung memimpin rapat tersebut. Menurut Sekda, Perolehan Gelar Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Kabupaten Kebumen beberapa waktu lalu dalam Pengelolaan Keuangan, adalah hal yang harus dipertahankan, maka Rakor yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu tindak lanjut untuk mempertahankan WTP tersebut di masa yang akan datang.

APBD Kabupaten Kebumen 2012

Pada Tahun 2012 ini total anggaran belanja sesuai perubahan APBD Kabupaten Kebumen TA. 2012 sebesar Rp 1.481.636.950.000,- dimana 73,41% untuk belanja tidak langsung dan 26,59% untuk belanja langsung. Sebelum perubahan, total anggaran belanja pada APBd murni sebesar Rp. 1.378.374.675.000,-.

Realisasi Belanja dan Kegiatan

Pelaksanaan Kegiatan untuk Tahun Anggaran 2012 sudah memasuki akhir Triwulan III. Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pada akhir Bulan Agustus 2012, secara keseluruhan progres fisik pelaksanaan untuk Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung telah mencapai 54,57% dari target 61,55% yang ditetapkan. Untuk Dana Alokasi Khusus (DAK), sampai dengan akhir Agustus baru mencapai 19,73% secara fisisk dan 3% realisasi keuangannya. Sementara realisasi kegiatan yang bersumber dana Tugas Pembantuan (TP) dan Urusan Bersama (UB) samapai dengan Triwulan II (Akhir Agustus) mencapai 36,30%.

Admin Kominfo