Jumat Bersih, Bupati Yahya Fuad Bersihkan Sampah-Sampah Di Area Pasar Tumenggungan Dan Tugu Lawet

Friday, 3 November 2017 / Daerah

gotong royong pasar tumenggungan.jpg

KEBUMENKAB.GO.ID - Kebersihan adalah pangkal kesehatan dan keindahan. Demikian motto yang semestinya ditanamkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Kabupaten  Kebumen. 

Seperti tampak pada Jumat pagi (3/11) sekira pukul 06.30 Bupati Kebumen Ir.HM.Yahya Fuad SE bersama Dandim 0709 Kebumen Letkol.Kav.Suep S.I.P serta jajarannya tak segan-segan membersihkan  sampah-sampah yang berserakan di area Pasar Temenggungan dan Tugu lawet. Aksi Bupati dan Dandim ini tentu saja dapat dijadikan contoh bagi masyarakat Kebumen agar selalu menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungannya.

Kegiatan Jumat bersih yang dilakukan Bupati bersama Dandim dan jajaran dinas  ini adalah cermin betapa penting sikap peduli dan gotong royong diantara masyarakat dalam  menjaga kebersihan lingkungannya.
Sampah wajib  dikumpulkan dan dibuang ke tempat yang telah disediakan. Apalagi dalam  waktu dekat setiap kabupaten/kota akan dilakukan penilaian Adipura. Sudah semestinya setiap sudut kota Kebumen harus bersih dari sampah-sampah yang berserakan. Utamanyanya juga sampah-sampah yang tersebar di area pasar tradisional, seperti Pasar Tumenggungan ini.

Para pedagang semestinya juga bertanggunjawab pada sampahnya sendiri. Mereka harus membuang sampah di tempat yang sudah disediakan. Dan selanjutnya akan ada petugas yang secara rutin akan mengangkut sampah-sampah tersebut untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA). Para pedagang hendaknya juga dapat menjaga kebersihan dan menata dagangannya dengan rapi agar sedap dipandang mata.

Sedangkan untuk pengelola pasar, wajib juga memperhatikan saluran air pembuangan limbah di pasar. Hal ini jangan sampai ada genangan air yang  menimbulkan aroma tidak sedap yang membuat masyarakat enggan berbelanja di pasar tersebut. Air yang menggenang harus segera dialirkan dan selokan yang tertutup sampah harus selalu dibersihkan. Pasar tradisional sejatinya  tak hanya sebagai tempat pemberdayaan perekonomian masyarakat akan tetapi juga sebagai tempat silaturrahmi.
Jika pasar tradisional bersih, aman, nyaman dan higenis maka pasar memiliki daya tarik dan daya saing yang cukup kuat untuk menarik konsumen berbelanja di pasar tradisional tersebut.(admin/mn)