Bupati Yahya Fuad: "Kades Terpilih Bekerjalah Dengan Amanah, Jujur Dan Adil Untuk Masyarakat"

Thursday, 9 November 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Bupati Kebumen Ir.HM.Yahya Fuad mengambil sumpah dan melantik kepala desa hasil pemilihan kepala desa antar waktu  Desa Kemukus, Kecamatan Gombong dan Desa Wirogaten Kecamatan Mirit di Ruang Jatijajar, Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis (9/11). Kades Kemukus yang dilantik adalah Kurnia Finalistya dan Kades Wirogaten,  Purwono Saleh BA. Pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut disaksikan oleh Plt.Sekda Drs.Mahmud Fauzi M.Si,  Kapolres Kebumen, AKBP.Titi Hastuti,S.Sos, perwakilan Dandim, jajaran OPD serta institusi terkait lainnya.

Bupati Yahya Fuad dalam sambutannya berpesan agar kades baru  bekerja dengan amanah, jujur dan mengabdi sebagai pelayan masyarakat. "Di pundak kita sebagai pejabat punya tanggung jawab yang cukup besar untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat," ujar Bupati.

Bupati menegaskan, sebagai kepala desa harus cerdas dalam membuat skala prioritas pembangunan dan tatakelola anggaran desa. Saat ini desa sudah memiliki APBDes yang lumayan cukup besar. Semestinya pergunakan APBDes tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Kades harus mampu menggali segala potensi yang ada di desa dan dikembangkan untuk kemajuan desa. Jangan sampai anggaran desa dipergunakan tidak sesuai dengan peruntukannya. Analisa terlebih dahulu di setiap wilayah desa yang benar-benar harus dilakukan pembangunannya dan tepat sasaran.

"Prinsipnya adalah sebagai pejabat desa harus bisa memahami berbagai aspek dari kondisi desa itu sendiri. Sinergikan program pembangunan desa dengan kabupaten. Hal ini agar kesejahteraan masyarakat dapat terealisasikan," jelas Bupati.

Upaya pengentasan kemiskinan saat ini masih menjadi prioitas pemerintah kabupaten. Karena itu, terkait dengan upaya pengentasan kemiskinan ini Bupati berharap pemerintah desa mampu mengimplementasikan Perda  Nomor 10 tahun 2017 tentang kawasan tanpa rokok (KTR), mengoptimalkan pemanfaatan asuransi tani dan ternak, merenovasi rumah tidak layak huni, serta memanfaatkan program PKH dengan sebaik-baiknya. "Saya minta kepala desa bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab, bukan hanya kepada masyarakat akan tetapi lebih dari itu adalah kepada Allah SWT. Saya mengucapkan selamat bekerja dan berikan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat," tutup Bupati.(admin/mn)