Ikuti Perubahan Pasar Dengan Produk Kreatif Dan Inovatif

Tuesday, 13 March 2018 / Desa

KEBUMENKAB.GO.ID - Potensi Desa Serut, Kecamatan Kuwarasan, dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama dengan Karangtaruna ‘Kencana Mukti’ desa setempat. BUMDes yang diberi nama ‘Mas’ diresmikan oleh Kepala Dinas Bapermades P3A Kabupaten Kebumen, Muhammad Amirudin, Senin (12/3/2018).

 

Menurut Kepala Desa Serut, Taufik Mundarto Hadi, BUMDes Mas telah mendapat bantuan dana dari Provinsi Jateng sebesar Rp 30 juta. Dana bantuan digunakan untuk pembelian mesin-mesin pengolahan.

 

BUMDes Mas dikatakan akan menggerakkan ekonomi kreatif di Desa Serut. Terlebih lagi Karangtaruna ‘Kencana Mukti’ memiliki 3 perajin yang mumpuni dalam membuat aksesoris berbahan kayu langka, seperti kayu nagasari dan kayu menyan yang dibuat aneka kerajinan tangan seperi gelang, tasbih, kalung, tongkat, dan berbagai ukiran. Produknya sudah mampu merambah kota-kota besar, bahkan sudah sampai ke luar negeri seperti Cina dan Jerman.

 

Kepala Dinas Bapermades P3A Kabupaten Kebumen, Muhammad Amirudin, mengapresiasi kegiatan Karangtaruna dan BUMDes Serut. Hanya saja, diingatkan untuk terus meningkatan kualitas produk, kreativitas dan inovasi agar mampu mengikuti perubahan pasar. (adm/rth)