Angka Konsumsi Ikan Di Kebumen 19,63 Kg/Kapita/Tahun

Friday, 13 April 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Ratusan siswa sekolah dasar dan anggota Tim Penggerak PKK di Kecamatan Poncowarno, mengikuti Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)  di Kedungdowo, Kamis (12/4/2018). Gemarikan dikampanyekan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi dari mengonsumsi ikan. Terutama bagi anak-anak agar tumbuh sehat, kuat, dan cerdas.

Kampanye Gemarikan yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen, dibuka oleh Plt Bupati Kebumen yang diwakili Staf Ahli Bupati Kebumen Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Suwedi.

Plt Bupati Kebumen dalam sambutan tertulisnya, meminta Kampanye Gemarikan terus dilakukan agar kesadaran masyarakat mengonsumsi ikan semakin meningkat. Terlebih lagi, angka konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Kebumen masih 19,63 kilogram perkapita pertahun. Padahal Kabupaten Kebumen memiliki potensi perikanan yang tinggi.

“Dengan mengonsumsi ikan, masyarakat akan sehat dan sejahtera. Dengan ikan, gizi anak-anak akan semakin baik. Anak-anak akan  tumbuh sehat, kuat, dan cerdas,” tegasnya. 

Kandungan pada ikan antara lain, protein, mineral yodium dan zat besi, vitamin D dan B kompleks, kalsium, fosfor, serta lemak tak jenuh atau Omega-3 berupa EPA dan DHA. Semuanya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Karena itu dalam membangun kesadaran masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan, perlu peran aktif seluruh elemen masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga dilaunching inovasi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen berupa bantuan ikan segar dan olahan ikan bagi balita dan ibu hamil keluarga miskin. (adm/rth)