Desa Tanuharjo Masuk 6 Besar Lomba Tertib Arsip Desa Tingkat Jateng

Monday, 16 April 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Tim Penilai Lomba Tertib Arsip Desa Tingkat Jawa Tengah Tahun 2018, melakukan penilaian aktivitas kearsipan di Desa Tanuharjo, Kecamatan Alian, Senin (16/4/2018). Untuk meraih juara, Desa Tanuharjo harus bersaing dengan 5 desa lain di Jawa tengah, yakni Desa Penungkulan Purworejo, Desa Tegalsambi Jepara, Desa Penunggalan Grobogan, Desa Ngablak Magelang, dan Desa Peron Kendal.

 

Penilaian lapangan dilakukan setelah Desa Tanuharjo lolos dalam tahap verifikasi.  Tim penilai dari provinsi disambut Staf Ahli Bupati Kebumen Bidang Kemasyarakatan dan SDM, RAI Ageng Sulistyo Handoko, bersama Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen, Rohmah Hidayati.

“Harapannya Desa Tanuharjo bisa meraih juara pertama,” ujar Ageng yang memberi perhatian pada tertib arsip karena dengan tertib arsip, pemerintah desa menjadi lebih bisa optimal dalam melayani masyarakat.

Menurut Ketua Tim  Penilai Lomba Tertib Arsip Desa Tingkat Jawa Tengah Tahun 2018, Anik Indrati, lomba tertib arsip desa sudah dilakukan sejak tahun 2009. “Tertib arsip akan membuat pelayanan menjadi cermat, efisien, dan tepat sasaran,” jelas Anik.

 

Ditegaskan, masalah kearsipan merupakan urusan wajib seperti yang diamanah Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Kearsipan.

 

Selain Desa Tanuharjo yang masuk 6 besar Lomba Tertib Arsip Desa Tingkat Jawa Tengah Tahun 2018, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen juga berhak dinilai dalam lomba Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018 setelah berhasil masuk 6 besar. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen bersaing dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal, Pekalongan, Sragen, serta Kabupaten dan Kota Magelang. (adm/rth)