Dirjend APTIKA Buka Workshop Infrastruktur E-Government Nasional

Tuesday, 22 May 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Workshop Infrastruktur e-Government Nasional yang mengusung tema  "Pengembangan Komitmen Nasional dalam Penyelenggaraan Infrastruktur e-Government Nasional"  di buka oleh Dirjend APTIKA Kemenkominfo RI,  di Hotel Aston, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/5).

Pada workshop yang diikuti dari Kementerian dan Lembaga, Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dirjen APTIKA Samuel Abrijani menegaskan ada dua hal penting yang menjadi concern Pemerintah dalam hal infrastruktur e-government saat ini. Yaitu klasifikasi data dan pengelolaan jaringan. "Pemerintah akan membangun government cloud sebagai big data yang memuat data strategis pemerintah dan aplikasi generik serta data khusus" jelas Dirjend.

Dalam bagian lain disampaikan, untik mewujudkan big data dalam government cloud itu, perlu pengelolaan infrastruktur jaringan TIK secara berjenjang. "Pemerintah pusat bertanggungjawab menghubungkan jaringan antar kementerian/lembaga dan antar provinsi. Pemerintah Provinsi bertanggungjawab menghubungkan jaringan antar Kabupaten dan Kota. Sedangkan Pemerintah Kab/Kota bertanggungjawab menghubungkan jaringan antar kecamatan, desa dan kelurahan". (adm/ca)