KPU Kebumen Gelar Sosialisasi Pencalonan Anggota Legislatif

Monday, 4 June 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen menggelar sosialisasi "Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten Pada Pemilu 2019 di Hotel Candisari Karanganyar,  Senin  (4/4). Sosialisasi dihadiri sebanyak 40-an peserta perwakilan dari masing-masing partai politik peserta pemilu 2019. Sosialisasi dipimpin Ketua KPU Kebumen, Paulus Widiyantoro SE, MM didampingi Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Chusnul Khotimah. 

Paulus mengatakan, dalam sosialisasi ini dipaparkan terkait tatacara pencalonan dan regulasi. Bagi calon anggota yang ingin ambil bagian dalam pileg wajib memahami mekanisme pencalonan anggota legislatif terutama terkait teknis pengisian formulir-formulir dan  persyaratan lainnya. "Dengan sosialisasi ini diharapkan para peserta calon legislatif dapat memahami dan memenuhi persyaratannya yang harus dipenuhi agar dapat  ikut dalam pileg 2019 mendatang," ujar Paulus.

Paulus juga menjelaskan,  sosialisasi ini merupakan salah satu tahapan Pemilu 2019 yang harus dilaksanakan dan Tahapan pencalonan ini merupakan tahapan starategis. Artinya, dengan sosialisasi ini para calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Peserta Pemilu 2019 benar-banar dapat mematuhi aturan perundang-undangan.

"Kami berharap peserta dari masing-masing perwakilan partai politik dapat bekerjasama dalam pelaksanaan tahapan Pemilu yang kami laksanakan. Hal ini agar dapat  menciptakan suasana yang aman dalam setiap tahapan. Dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 ini,  kami juga  selalu berkoordinasi dengan Panwaslu, Disdukcapil dan parpol Peserta Pemilu 2019. Melalui koordinasi ini diharapkan dapat terlaksana pemilu yang jurdil, bebas rahasia dan lancar tanpa ada kendala berarti," harap Paulus.

Sosialisasi ini diikuti perwakilan dari Partai Nasional Demokrat (Partai NasDem),  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),  Partai Keadilan Sejahtera (PKS),  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P),  Partai Golongan Karya (Partai Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura), sedangkan Partai Bulan Bintang (PBB) dan PKPI tidak hadir.(mn/adm)