Pasar Murah Ramadhan Di Desa Plumbon

Thursday, 7 June 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Kementerian Perdagangan RI bekerjasama dengan PT Astra Internasional Tbk menggelar Pasar Murah Ramadhan di halaman Masjid Darussalam Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kebumen,  Kamis (7/6). Sebayak 500 paket sembako di jual seharga Rp.50 ribu dari harga total barang senilai Rp.100 ribu. 

Sekertaris Dinas (Sekdin) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kebumen, Drajat Tri Wibowo kepada IN Fm usai pelaksanaan pasar murah ramadhan mengatakan, masyarakat desa cukup antusias dan senang membeli paket sembako dengan harga yang relatif murah tersebut. "Paket sembako berisi beras 2 kg, gula pasir 2 kg, tepung terigu 2 kg, mibyak goreng kemasan 2 liter dan sirup di jual seharga Rp.50 ribu dari total harga barang senilai Rp.100 ribu. Hasil penjualan paket sembako yang totalnya senilai Rp.25 juta di donasikan untuk pondok pesantren Darussalam Plumbon," ungkap Drajat.

Drajat juga memaparkan, Plt.Bupati KH.Yazid Mahfud yang mendampingi Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Dunia Usaha, Drs.H.Suhanto dalam sambutan kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Kemenperindag RI yang peduli terhadap masyarakat desa Plumbon dengan menggelar pasar murah ramadhan. Apalagi mendekati hari lebaran yang sudah menjadi tradisi permintaan sembako meningkat dan harga juga cenderung naik. Namun dengan adanya pasar murah ramadhan ini masyarakat desa cukup terbantu untuk penyediaan sembako dengan harga beli yang relatif murah.

"Pasca Pasar Murah Ramadhan ini kami juga dari Disperindag Kebumen akan melakukan operasi pasar dan terus memantau perkembangan harga-harga khususnya sembako maupun aneka jenis makanan lainnya. Operasi pasar ini sebagai upaya Disperindag memberikan perlindungan kepada konsumen agar tidak merugi dan menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan saat mengkonsumsi aneka produk makanan tersebut. Masyarakat hendaknya tetap waspada saat berbelanja, terutama perhatikan  tanggal dan tahun produksinya apakah kadaluarsa atau tidak. Selain itu para distributor maupun pedagang agar tidak melakukan penimbunan barang yang berdampak pada pelanggaran hukum untuk diri mereka sendiri. Kita akan tetap jaga pendistribusian barang lancar dan harga stabil jelang lebaran nanti," papar Drajat.

Dalam kegiatan ini hadir sejumlah pejabat dari jajaran Pemkab Kebumen seperti Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kebumen Ir.Tri Haryono, Kadisperindag H. Nugroho Tri Waluyo,   Camat Karangsambung, serta jajaran instansi terkait lainnya.(mn/adm)