Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo Minta Kerjasama Antar Daerah Ditingkatkan

Saturday, 7 July 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sekjen Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo meminta pemerintah daerah untuk saling meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah lainnya di Indonesia guna akselerasi pembangunan di masing-masing pemerintah daerah tersebut. Hal ini diungkap Hadi Prabowo dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XI APKASI 2018  bertajuk "Upaya Daerah Menuju Kedaulatan Pangan Nasional" di Gedung Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang yang berlangsung pada Jumat (6/7) hingga Minggu (8/7).

Rekernas yang bertepatan  dengan gelaran Apkasi Otonomi Expo 2018  di tempat dan waktu yang sama ini dihadiri ratusan perwakilan dari masing-masing pemerintah kabupaten/kota se Indonesia.

Dalam Rakernas, Hadi Prabowo juga mengungkapkan, kerjasama antar pemerintah daerah sangat diperlukan karena bisa menjadi kunci kesuksesan dalam pembangunan di setiap daerah. Kerjasama tak mesti terkait dengan pelayananan publik, akan tetapi sangat penting pula kerjasama di sektor perdagangan dan jasa.

"Kerjasama antar daerah di sektor perdagangan dan jasa dapat meningkatan perekonomian daerah juga nasional. Kerjasama antar daerah ini sudah diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2007 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Daerah dan Permendagri Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Karena itu,  Pemerintah daerah memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong perdagangan sebagai upaya menjaga stabilitas perekonomian nasional,"kata Hadi.

Hadi juga memaparkan, kerjasama antar daerah dapat diawali dengan pengembangan  segala potensi dan aneka produk unggulan di masing-masing daerah yang nantinya diharapkan dapat mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Melalui Rakernas XI 2018 bertajuk "Upaya Daerah Menuju Kedaulatan Pangan Nasional" diharapkan dapat tercapai kesepakatan bersama antar pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian daerah. Kebutuhan pangan tercukupi, stabilitas harga terjaga, dan perekonomian masyarakat meningkat dan hidup sejahtera.(mn/adm)