Disnakerkop UKM Kebumen Beri Pelatihan Penguatan Jejaring TKI Purna

Monday, 9 July 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerkop UKM) Kebumen menyelenggarakan kegiatan penguatan jejaring Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Purna di Hotel Candisari Karanganyar, Selasa (10/7). Sebanyak 50 TKI purna mengikuti kegiatan ini dengan diberikan materi pemasaran produk melalui internet dan pengembangan ekonomi umat melalui koperasi syariah.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Disnakerkop UKM, Wahyudi S.IP mengatakan, pelatihan ini sebagai pembekalan bagi para TKI Purna asal Kebumen yang selama ini bekerja disejumlah negara seperti Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia dan Korea.

"Setelah mereka kembali ke Kebumen, maka kita bekali mereka untuk berwirausaha. Sebelumnya mereka juga telah kita latih membuat aneka produk makanan di beberapa tempat seperti di Purwokerto. Selepas pelatihan perlu pembekalan yang lebih baik lagi tak hanya memproduksi tapi juga mengembangkan modal dan pemasarannya," jelas Wahyudi. 

Wahyudi berharap, melalui program-program kemandirian yang diberikan kepada TKI Purna nantinya dapat memberikan kontribusi bagi desanya. "Selepas kerja mereka punya permodalan yang cukup untuk berwirausaha skala kecil maupun menengah. Modal itu yang harus dikelola dengan membangun usaha aneka produk yang dapat memberikan keuntungan finansial sekaligus mereka tetap eksis dalam berkarya. Jika usahanya berkembang, maka berdampak pula pada penyerapan tenaga kerja di desanya," ungkap Wahyudi.

Dalam pelatihan ini, para peserta merupskan perwakilan dari sekitar 10 desa di masing-masing kecamatan seperti Kecamatan Ayah, Klirong, Puring, Petanahan, Kebumen, Prembun, Padureso dan lainnya. "Kegiatan ini akan terus dilakukan secara kesinambungan agar para TKI Purna yang ada di setiap desa dapat berdaya dan membetikan banyak manfaat bagi pembangunan desanya," tutup Wahyudi. (mn/adm)