Membangun Semangat Masyarakat Mengelola Potensi

Monday, 9 July 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, bukan semata membangun sarana fisik. Namun juga upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan dengan membangun semangat dan percaya diri masyarakat mengelola potensi yang dimiliki.

 

Selain itu TMMD meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi. Terutama mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, tentang ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba khususnya bagi generasi muda.

 

Ditegaskan, pemuda harus terus dibangun karakternya agar tidak individualis, hedonis dan apatis. Pemuda harus menjadi generasi yang mempunyai karakter milenial yang baik, toleran, berjiwa sosial, peduli terhadap lingkungan, serta selalu menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran.

 

"Generasi muda saat ini yang sudah sangat akrab dengan teknologi komunikasi dan informasi, harus dijauhkan dari hoax, hatte speech, dan bully. Bentengi mereka dengan nilai-nilai Pancasila, ilmu pengetahuan, dan agama," tandas Ganjar dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz saat pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II  Tahun Anggaran 2018 Kodim 0709/Kebumen di Desa Sidomukti, Kecamatan Kuwarasan, Selasa (10/7/2018).

 

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II  Tahun Anggaran 2018 Kodim 0709/Kebumen dengan inspektur upacara Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, berlangsung di lapangan desa setempat. Hadir Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo dan anggota Forkopimda lainnya.

 

Seusai upacara pembukaan, Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz bersama anggota Forkopimda, meninjau kegiatan fisik pembangunan jalan rabat beton sepanjang 624,59 meter. Bahkan Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz bersama anggota Forkopimda, ikut membangun jalan dengan menuangkan adonan semen.

 

Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep mengungkapkan, selain membangun jalan rabat beton, kemanunggalan TNI-rakyat dalam TMMD Sengkuyung di Desa Sidomukti juga merehab 11 rumah tidak layak huni. Dengan kondisi jalan yang baik, diharapkan menggerakan ekonomi masyarakat, serta meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat.

 

Sedangkan kegiatan nonfisik, yakni penyuluhan bela negara, kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan kesehatan, Kadarkum, Narkoba, KB, dan percepatan penganekaragaman konsumsi berbasis lokal. (adm/rth)