Meningkatkan Ketahanan Pangan Dan Gizi Masyarakat

Wednesday, 11 July 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Plt Asisten Sekda Kebumen Bidang Pemerintahan dan Kesra, Amirudin, mencanangkan Desa Tugu, Kecamatan Buayan sebagai Desa Mandiri Pangan, Rabu (11/7/2018). Desa Mandiri Pangan adalah desa yang masyarakatnya mempunyai kemampuan mewujudkan ketahanan pangan dan gizi melalui pengembangan dan pendayagunaan sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal.

 

Selain Kelompok Tani Sabda Tata Usaha 2 Desa Tugu, program kegiatan Desa Mandiri Pangan yang bersumber dari APBD Kabupaten Kebumen Tahun 2018, juga di Desa Watukelir Kecamatan Ayah untuk Kelompok Tani Redimulya.

 

Kegiatan Desa Mandiri Pangan di Kabupaten Kebumen juga ada yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah, yakni di Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun, Desa Karangduwur Kecamatan Ayah, Desa Sugihwaras Kecamatan Adimulyo, dan Desa Logandu Kecamatan Karangggayam.

 

Selain itu ada yang bersumber dari APBN berupa Kawasan Mandiri Pangan yang dialokasikan untuk 2 kelompok di Desa Plempukankembaran Kecamatan Ambal.

 

Dalam pencanangan di Desa Tugu, diserahkan bantuan sosial pengembangan Desa Mandiri Pangan bersumber APBD Kabupaten Kebumen berupa bibit ternak kambing masing-masing kelompok 45 ekor, serta hibah mesin penepung, spinner perajang singkong masing-masing kelompok 1 unit.

 

Diberikan pula bantuan Rp 50 juta untuk setiap Kawasan Mandiri Pangan yang diterima Gapoktan Mekarsari dan Kelompok Tani Sudimulyo, Desa Plempukankembaran Kecamatan Ambal.( adm/rth)