Panen Perdana Garam Di Pantai Miritpetikusan

Tuesday, 7 August 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Kelompok Usaha Garam Rakyat 'Jagad Kidul' Desa Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, panen perdana garam dari penggaraman sistem tunnel di Pantai Miritpetikusan, Selasa (7/8/2018). Dari panen perdana, petani mampu menghasilkan 2-3 kuintal garamuntuk tunnel ukuran 3x7 meter.

Panen perdana diikuti Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen Laode Haslan, anggota Komisi B DPRDKebumen Nurhidayati, dan Camat Mirit Kotib.

Penggaraman sistem tunnel dikembangkan setelah petani garam mengikuti pelatihan penggaraman yang difasilitasi Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Tegal kerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kebumen.

"Panen perdana dilakukan setelah proses penggaraman 30 hingga 40 hari. Hasilnya cukup bagus, 2-3 kuintal garam untuk tunnel ukuran 3x7 meter. Panen selanjutnya bisa dilakukan seminggu sekali dengan hasil yang bisa mencapai 6 kuintal setiaptunnel," jelas Ketua Kelompok Usaha Garam Rakyat 'Jagad Kidul', Budi Santoso.

Anggota Komisi B DPRD Kebumen, Nurhidayati, mengapresiasi pemanfaatan potensi sumber daya laut Kabupaten Kebumen yang sangat sangat besar untuk dibuat garam. Nurhidayati optimis penggaraman sistem tunnel akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Karena itu, akan diberikan dukungan penganggaran agar penggaraman sistem tunnel bisa merata di sepanjang pesisir.

Dengan membuat garam, nelayan menjadi tetap memiliki penghasilan di saat musim paceklik ikan. Hanya saja menurut KepalaDinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen, Laode Haslan, petani membutuhkan mesin penyedot untuk memudahkan dalam mengambil air laut. (adm/rth)