Musim Panen Tiba, Harga Jagung Mengalami Kenaikan

Thursday, 9 August 2018 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Memasuki musim panen jagung di Kabupaten Kebumen, harga jual jagung dari tangan petani mengalami kenaikan. Biasanya para petani jagung di wilayah Desa Banjurmukadal Kecamatan Buluspesantren menjual hasil panennya Rp 3.300/Kg. Namun panen kali ini harga jual jagung kering mencapai Rp 3.500/Kg.

Dari sisi produksi, petani jagung juga mengalami peningkatan. Panen kali ini para petani rata-rata mendapatkan satu ton jagung kering untuk tiap 100 ubin lahan pertanian. Hal meningkat sekitar 10% dari hasil panen sebelumnya yang biasanya hanya 9 kwintal per 100 ubin.

Menurut Kasirin Petani Jagung dari Desa Banjurmukadal, meningkatnya produksi jagung musim panen kali ini disebabkan curah hujan yang cukup stabil serta hama tanaman yang bisa dikendalikan.

Voice: Statement Kasirin (Petani Jagung)

Kegembiraan para petani jagung, berbanding terbalik dengan peternak Ayam petelur. Dari pantauan Ratih TV, akibat kenaikan harga jagung, harga pakan ayam petelur yang salah satu komposisinya terbuat dari jagung mengalami kenaikan. 

Menurut Guntur Peternak dari Desa Jerukagung Kecamatan Klirong, saat ini harga pakan Ayam petelur mencapai Rp 375.000 per karung, dari sebelumnya yang hanya Rp 350.000.(admin/ln)