Disnakerkop UMKM Kebumen Beri Pemahaman Jaminan Sosial Bagi Pelaku Usaha

Thursday, 9 August 2018 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM (Disnakerkop UMKM) Kabupaten Kebumen memberikan sosialisasi kepada 60 pelaku usaha Kebumen terkait dengan jaminan  kesehatan dan ketenagakerjaan, Kamis (9/8). Sosialisasi yang berlangsung selama dua hari mulai Rabu (8/8) dan Kamis (9/8) ini menghadirkan narasumber dari BPJS Kesehatan Muhamad Subhan dan Aam Cahyono dari BPJS Ketenagakerjaan. Materi sosialisasi yang diberikan oleh narasumber diantaranya adalah jaminan kesehatan, kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun serta pelayanan cepat melalui Mobile JKN-KIS.

Kepala Seksi Hubungan Industri Disnakerkop UMKM Kebumen, Khamlah Nugraheni SE, M.Si mengatakan,  sosialisasi ini diharapkan memberikan pemahaman yang utuh bagi para pelaku usaha maupun tenaga kerjanya tentang mekanisme keanggotaan peserta JKN-KIS yang semakin mudah di akses, program-program JKN-KIS bagi peserta pekerja bukan penerima upah atau PBPU dan bukan pekerja atau PB. Selain itu juga program-program JKN-KIS bagi peserta pekerja penerima upah atau PPU Non penyelenggara Negara seperti BUMN, BUMD, Swasta dan badan hukum lainnya," papar Khamlah Nugraheni SE, M.Si.

Khamlah Nugraheni juga menjelaskan, dalam sosialisasi ini diberikan pemahaman besaran iuran, benefit yang diperoleh peserta, serta aplikasi mobile JKN yang memberikan kemudahan layanan secara efektif dan efisien.

Pada kesempatan yang sama, Muhamad Subhan yang memberikan presentasi dalam kegiatan tersebut menjelaskan pendaftaran peserta  kini dapat dilakukan melalui Booth atau mobile customer service dengan mekanismenya calon peserta mendatangi booth, lalu nomor virtual account dicetak atau dikirim melalui email atau SMS, kemudian calon peserta membayar iuran dan kemudian kartu dikirim ke alamat peserta yang diinginkan.

"Kita sudah ada aplikasi Mobile JKN dengan berbagai macam fitur untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses beragam informasi tentang layanan, fasilitas kesehatan dan data kepesertaan. Melalui JKN mobile kini semua ada dalam genggaman," ungkap Muhamad Subhan.

Muhamad Subhan menjelaskan, untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN,  maka harus diinstal terlebih dahulu melalui pkay store, ketik mobile JKN lalu pilih, kemudian tekan tombol install dan hanya sesaat aplikasi Mobile JKN sudah bisa dibuka.

"Untuk registrasi, calon peserta wajib masukan nomor kartu/email/username dan Password lalu klik Log In maka akan tampil halaman dengan beragam fitur pilihan diantaranya info JKN, Kepesertaan, kartu peserta, pendaftaran peserta dan lainnya. Jadi dengan Mobile JKN tidak harus ke Kantor BPJS Kesehatan," ujar Muhamad Subhan.(admin/mn)