Gedung Pramuka Kwarcab Kebumen Diresmikan

Tuesday, 14 August 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Upacara peringatan Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Kebumen berlangsung di LapanganIslamic Center Jalan Tentara Pelajar Kebumen, Selasa (14/8/2018). Tepat di Hari Pramuka juga diresmikanGedung Pramuka Kwarcab Kebumen yang berada di kompleks Islamic Center.

 

Staf Ahli Bupati Kebumen Bidang Ekonomi, Suwedi, menjadi pembina upacara. Amanat tertulis Ketua KwartirNasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.

 

Dikatakan pula, Gerakan Pramuka yang kini berusia 57 tahun, tentu tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan. Perlu rebranding Pramuka baru yang diminati kaum muda. Pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini. Pramuka harus dapat menangkap fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi.

 

Pramuka baru harus keren, gembira, asyik, dan menyenangkan. Tantangan bagi para Pembina Pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi Pramuka. Begitu pula para Pelatih harus belajar terus menerus untuk dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan bagi para Pembina Pramuka.

 

"Pramuka yang keren, gembira, asyik dan menyenangkan perlu terus dikembangkan sehingga kaum muda bangga menjadi Pramuka. Tentu tidak mudah, dan ini semua menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai orang tua, guru, pembina, serta instruktur dengan didukung oleh majelis pembimbing Gerakan Pramuka," tegas Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault.

 

Di Hari Pramuka, Suwedi mewakili Plt Bupati Kebumen, juga diresmikan Gedung Pramuka Kwarcab Kebumen. Plt Bupati Kebumen berharap keberadaan gedung yang representatif, akan memacu semangat menggelorakanGerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia.

 

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan bantuan yang berasal dari Dana Bumbung Kemanusian, berupa 2 kursi roda  yang diberikan kepada Mawar Rubiyani siswa SDN 2 Klirong dan Rizky Lutfiandika siswa SDN 1Sidobunder Puring, serta satu buah kacamata kepada Zahratus Sifa siswa SDN Ranterejo Klirong. (adm/rth)