26 Regu Ikut Lomba Cerdas Cermat SD 2018 Tingkat Kabupaten Kebumen

Wednesday, 15 August 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sebanyak 26 regu perwakilan siswa Sekolah Dasar (SD) dari masing-masing kecamatan mengikuti Lomba Cerdas Cermat SD 2018 tingkat Kabupaten Kebumen di Hotel Candisari Karanganyar, Rabu (15/8). Para peserta akan diuji dengan pertanyaan dari lima mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn.

Dalam lomba ini para peserta regu merupakan para siswa yang meraih juara pertama di masing-masing kecamatannya. Setiap regu terdiri dari  3 siswa dari satu sekolah. 

Kasi Kurikulum SD Disdik Kebumen, Titu Harini S.Pd disela acara lomba mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi belajar bagi siswa-siswi SD sehingga mampu menunjang usaha peningkatan mutu pendidikan. Selain itu juga untuk melihat gambaran tingkat penguasaan pengetahuan materi pelajaran dan perbandingan penguasaan materi antar SD.

Dari kegiatan lomba ini, Titu Harini S Pd juga berharap dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik para siswa SD dalam hal pengetahuan dasar, menumbuhkan motivasi para guru SD dalam hal peningkatan mutu proses pembelajaran di sekolah yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan menantang daya pikir peserta didik. Selain itu mendorong pemerintah untuk selalu berupaya meningkatkan iklim kompetitif di bidang pengetahuan dasar untuk para siswa SD.

Lomba ini dibagi nenjadi 3 tahap yakni,  tahap penyisihan, semi final dan final. Dari tahap penyisihan akan dipilih 9 regu dan kemudian dipilih enam regu dari tahap semi final untuk mengikuti final. Dalam final ini memperebutkan juara satu hingga tiga, serta harapan satu hingga tiga. Para pemenang lomba akan mendapatkan piala serta uang pembinaan prestasi. (mn)