Kurangi Penggunaan Plastik, Buang Sampah Pada Tempatnya

Monday, 17 September 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz ikut aksi pungut sampah dan bersih-bersih Pasar Wonokriyo Gombong dalam peringatan Hari Pungut Sampah Sedunia (World Clean-up Day) 2018, Sabtu (15/9/2018). Yazid mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta mengajak memilah dan mengolah sampah, serta mengurangi penggunaan plastik.

 

Aksi pungut sampah dan bersih-bersih Pasar Wonokriyo yang melibatkan ratusan pelajar dan warga, juga diikuti Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, dan anggota Forkopimda yang lain. Aksi pungut sampah dalam memperingati World Clean-up Day, juga dilakukan di seluruh desa di Kabupaten Kebumen.

 

Data dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen, dalam sehari Kabupaten Kebumen menghasilkan 638 ton sampah. Namun dari jumlah tersebut, baru 45,97 persen sampah perkotaan yang bisa diangkut ke TPA. Selebihnya, tidak terangkut sehingga berpotensi mencemari lingkungan, dan mengancam kesehatan masyarakat.

 

"Dengan peringatan Hari Pungut Sampah Sedunia, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan semakin meningkat. Diperlukan keteladanan dan komitmen bersama untuk selalu membuang sampah pada tempatnya," tegas Yazid.

 

Terlebih lagi, lanjut Yazid, persoalan sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi tanggung jawab kita semua. Yazid juga mendorong masyarakat memilah sampah, mengolah sampah organik, dan mendaur ulang sampah, serta mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. (rth)