Panen Kedelai Anjasmoro Di Desa Kalipurwo, Kuwarasan Capai 2,8 Ton Perhektar

Monday, 8 October 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Dalam acara Hari Temu Lapangan atau Farmer's Field Day, Pj.Sekda Kebumen, Drs.H.Mahmud Fauzi M.Si didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir. Puji Rahayu, perwakilan Kodim 0709, Polres, DPRD, Camat dan Kepala Desa melakukan Panen Kedelai Anjasmoro di Desa Kalipurwo, Kuwarasan, Senin (8/10). Panen kedelai di Desa Kalipurwo ini memberikan hasil cukup baik dan diperkirakan mencapai antara 2,4 hingga 2,8 ton perhektar dari total luas tanam 1,5 hektar.

Pj.Sekda dalam kegiatan tersebut mengatakan, tanam kedelai varitas Anjasmoro di Kebumen merupakan upaya pemerintah kabupaten dalam mensukseskan program ketahanan pangan nasional. "Produksi kedele Kebumen saat ini sudah mencapai 80%. Hal ini harus kita tingkatkan karena komoditas ini memiliki peran strategis dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kebumen," ujar Pj.Sekda.

Pj.Sekda juga megatakan akan terus melakukan pemantauan dan mengevaluasi secara berkala baik kuantias maupun kualitas yang dihasilkan masyarakat petani kedelai di Kebunen. Dan diharapkan masyarakat petani   dapat terus meningkatkan produksi dan kualitasnya pada tahun 2019 mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Ir.Hj Puji Rahayu mengungkapkan Kabupaten Kebumen mendapatkan bantuan dari anggaran APBD Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah khusus Kecamatan Kuwarasan mendapat bantuan 900 hektar. Bantuan dalam bentuk benih untuk 25 poktan/gapoktan di 13 desa. Selain itu juga mendapatkan alsintan berupa power tresher multiguna 6,5 PK roda dua sebanyak 5 unit, 10,5 PK roda 3 sebanyak 20 unit dan Paddy Mower sebanyak 26 unit.

"Jumlah area tanam  kedele di Kebumen tiap tahun terus meningkat. Tahun 2016 area tanam hanya 618 hektar, tahun 2017 sejumlah 2150 hektar dan tahun 2018 meningkat tajam menjadi 4300 hektar. Saya sangat mengapresiasi kepada masyarakat petani kedelai di Kebumen yang diharapkan dapat terus meningkatkan produktivitas dan kualitas  kedelai yang dihasilkannya," ungkap Ir.Hj.Puji Rahayu.

Pada kegiatan tersebut juga digelar sambung rasa kepada para petani terkait pengolahan lahan pertanian, kebutuhan bibit, permasalahan hama, serta pemasaran dan harga jual kedelai. Harga jual kedelai varitas Anjasmoro saat ini dikisaran   Rp7.700 hingga Rp.8000 per kilogram. (mn)