Wabup KH.Yazid Mahfud Launching Simada

Tuesday, 9 October 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Wakil Bupati KH.Yazid Mahfud didampingi Asisten dua dan Kepala Bagian Pembangunan Setda Kebumen melaunching Sistem Informasi Pengadaan (Simada) barang dan jasa dilanjut dengan Sosialisasi Perpres No 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Hotel Mexolie Kebumen, Selasa (9/10). Aplikasi Simada ini untuk mengifisiensi waktu, jarak, serta transparansi dalam proses pengadaan barang dan jasa oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wabup KH.Yazid Mahfud dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat mensinkronisasikan antara pemerintah kabupaten dengan pengusaha dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Pengguna anggaran maupun rekanan jangan melawan aturan yang sudah ditetapkan. Adanya Perpres No 16/2018 ini untuk ditaati agar pelaksanaan pengadaan barang dan jasa sesuai prinsip-prinsip pengadaan, efisien, efektif, transparan, adil dan akuntabel," pinta Wabup.

Wabup juga menjelaskan, sampai akhir September 2018, telah dilelangkan sebanyak 199 paket senilai Rp.298,4 miliar. Nilai kontrak yang dihasilkan sebesar Rp.244,8 miliar, dan efesiensi yang dicapai sebesar Rp.53,6 miliar.

Usai launching dilanjutkan dengan Sosialisasi Perpres No 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.  Sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi sumber daya aparatur dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa. Hal ini penting guna menghindari permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan pengadaan barang / jasa pemerintah seperti pelaksana lelang dan lainnya.

Sosialisasi menghadirkan narasumber Kepala Seksi Barang dan Jasa Lainnya Direktorat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum   Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Ermawati Setyaningtyas. Hadir dalam Sosialisasi ini perwakilan dari jajaran OPD dan instansi terkait lainnya.(mn)