555 Pengelola Bumdes Kebumen Ikut Pelatihan Manajemen

Thursday, 1 November 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sebanyak 555 pengelola Bumdes dari 185 Desa di Kabupaten Kebumen mengikuti pelatihan keteampilan manajemen di Hotel Candisari Karanganyar  mulai Kamis (1/10) hingga Kamis (15/10). Sejumlah materi pelatihan diberikan seperti arah kebijakan Bumdes, Analisis potensi usaha, membangun kemitraan, pengelolaan administrasi, serta  aturan perundangan dengan nara sumber dari Kejaksaan Negeri Kebumen, Dispermades P3A, Formasi dan Asosiasi Bumdes Kebumen.

 Kasi Pendapatan Desa Dispermades P3A Kebumen, Heru Siswanto mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang arah kebijakan pemerintah terhadap peningkatan ekonomi masyarakat melalui Bumdes, mampu menganalisa dan mengidentifikasi pitensi sumber daya yang tersedia di desa, serta meningkatkan kemandirian desa dalam mewujudkan kesehahteraan masyarakat desa.

"Masing-masing desa mengirimkan 3 orang peserta terdiri  234 pengurus Bumdes dan 321 peserta terdiri dari kepala desa, Ketua BPD, unsur lembaga kemasyarakatan desa atau tokoh masyarakat," ungkap Heru.

Heru menjelaskan, pelatihan manajemen ini dilaksanakan menjadi 5 angkatan yang setiap angkatan mendapatkan materi pelatihan selama dua hari. "Usai mengikuti pelatihan ini kami berharap para kepala desa, Ketua BPD dapat mendorong terbentuknya Bumdes dan menumbuhkan semangat pengelolaan Bumdes yang profesional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," tutup Heru.(mn)