Wabup: "Gelorakan Semangat Membangun Desa"

Thursday, 8 November 2018 / Daerah

KEBUMENKAB. GO.ID - Untuk mewujudkan desa yang maju, mandiri, sejahtera dan berkelanjutan maka perlu digelorakan semangat membangun desa dengan melakukan berbagai inovasi. Pada tahun 2019 diharapkan setiap desa memiliki satu inovasi pembangunan perekonomian desa. Hal ini dikemukakan Wakil Bupati KH.Yazid Mahfud dalam sambutan pembukaan Bursa Inovasi Desa dengan tema Menuju Desa Maju, Mandiri dan Sejahtera di Hotel Mexolie Kebumen, Kamis (9/10).

"Presiden telah mengamanahkan kepada seluruh Kepala Pemerintah Daerah agar dapat mengoptimalkan Dana Desa yang diberikan pemerintah pusat untuk kemajuan perekonomian desa. Dana Desa bantuan pemerintah pusat untuk Kabupaten Kebumen mencapai Rp.359 milyar,  sedangkan ADD mencapai Rp.129 miliar. Dana ini tidak sedikit dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemerintah desa dalam melakukan inovasi-inovasi pembangunan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakatnya. Lakukan berbagai inovasi pembangunan di desa, termasuk membentuk dan mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebab melalui BUMDes diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat desa bisa menjadi lebih baik," papar Wabup.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dispermades P3A, Mohamad Amirudin mengatakan, diselenggarakannya Bursa Inovasi Desa ini memacu setiap pemerintah desa agar melakukan inovasi-inovasi pembangunan perekonomian di desa masing-masing.

"Kegiatan ini sebagai wahana informasi atas kreatifitas desa dalam melakukan perubahan-perubahan kebaruan yang mendasar dengan membaca kepekaan dan potensi yang ada menjadi ide-ide kebaruan. Selain itu kegiatan ini dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorientasikan untuk memenuhi peningkatan produktifitas pedesaan, khususnya pada pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan baik usaha yang dikembangkan masyarakat maupun melalui BUMdesa," jelas Amirudin.

Pada kegiatan ini, Wakil Bupati bersama Dandim 0709 Letkol.Inf.Zamril Piliang, Kapolres AKBP. Arif Bahtiar, serta para pejabat pemerintahan lainnya melakukan kunjungan ke stand-stand pameran produk inovasi desa  perwakilan dari masing-masing Kecamatan di Kebumen. Sejumlah produk inovasi ditampilkan dalam pameran ini seperti kerajinan, pariwisata, kuliner dan produk lainnya.(admin/mn)