Layanan Administrasi Kependudukan Semakin Cepat

Monday, 3 December 2018 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kebumen Frans Haidar dalam sosialisasi peraturan presiden RI Nomor 96 tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Frans menambahkan dengan diterbitkannya Perpres tersebut, dalam pengurusan KTP elektronik yang hilang atau rusak, masyarakat tidak perlu membuat berbagai surat seperti surat keterangan pengantar dari RT/RW ataupun desa/kelurahan, namun cukup membuat surat keterangan hilang dari kepolisian atau KTP elektronik yang rusak serta Kartu Keluarga.

Perpres tersebut juga mengatur terkait  pelayanan pendaftaran penduduk yang terdiri dari pencatatan biodata penduduk, penerbitan KK, penerbitan KTP-el serta penerbitan surat keterangan kependudukan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Plt Asisten 1 Sekda Kebumen, Kepala Dinas Kominfo, serta Ketua KPUD Kebumen.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati menyambut baik hal tersebut dan berharap dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Dalam acara yang dihadiri seluruh camat se-kabupaten Kebumen ini, Wakil Bupati juga menyerahkan secara simbolis seperangkat alat elektronik pembuat KTP kepada perwakilan Camat yang dalam kesempatan tersebut diwakilkan camat Rowokele (Luk).