Kesbangpol Dan MUI Ajak Pemilu Damai

Thursday, 3 January 2019 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Perbedaan pilihan dalam pemilu 2019 mendatang jangan sampai membuat perpecahan persatuan dan kesatuan bangsa. Semua pihak harus saling menghormati dan bertoleransi agar  pemilu berlangsung aman, tentram dan damai.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Kebumen,  Nurtaqwa Setiabudi SH seusai  acara silaturahim bertajuk "Merajut Ukhuwah Menuju Kebumen yang Aman dan Kondusif Jelang Pemilu dan Pilpres 2019" di Aula Gedung Haji Kebumen pada Kamis 27 Desember 2018.

Acara yang digagas oleh Majelis Ulama Indonesia Kebumen dan Kesbangpol Kebumen ini dihadiri oleh para pengurus MUI perwakilan kecamatan sekabupaten kebumen,  penyuluh agama islam se- kebumen, ormas islam, KPU, Bawaslu, serta jajaran instansi terkait lainnya.

Nurtaqwa meminta kepada seluruh lapisan masyarakat yang terlibat dalam pemilu 2019 benar-benar dapat menjaga iklim kondusif dan damai. Terutama dalam pemanfaatan media sosial secara bijak dan cerdas sebagaimana tertuang dalam fatwa MUI No.24 tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah di media Sosial. 

"Dalam fatwa MUI tersebut dijelaskan sejatinya medsos digunakan untuk kemaslahatan umat, hindari ujaran kebencian dan permusuhan yang dapat menimbulkan perpecahan antar umat," ungkap Nurtaqwa. 

Nurtaqwa juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat kebumen sepatutnya ambil peran dalam  mensukseskan Pemilu 2019 dengan menjaga iklim sejuk, damai dan berintegritas, baik pra maupun pasca pemilu yang akan dihelat pada 17 April 2019 mendatang. Masyarakat Kebumen agar mensukseskan pemilu 2019  sebagai pesta demokrasi yang berkualitas, bermartabat, dan berintegritas untuk mendapatkan seorang pemimpin yang amanah dan sesuai dengan harapan rakyat.

Pada kesempatan tersebut Nurtaqwa juga menjelaskan bahwa pihaknya selama ini terus meningkatkan koordinasi dengan pihak TNI-Polri guna menjaga wilayah Kebumen agar selalu aman, damai dan tentram, khususnya mendekati jelang pemilu 2019 mendatang.

Selain koordinasi dengan pihak aparat keamanan, Kesbangpol juga bekerjasama dengan pemerintahan desa agar selalu menjaga kedamaian di  diwilayahnya masing-masing.(mn)