SMA Muhamadiyah Gombong Gelar Olimpiade

Monday, 14 January 2019 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - SMA Muhamadiyah Gombong yang berada di Jl. Kenanga No.266 Gomnong tahun ini kembali menggelar olimpiade bertajuk Olismam atau Olimpiade SMA Muhammadiyah Gombong 2019 untuk tingkat SMP/MTs sederajat, Sabtu (12/1). Sebanyak 430 siswa dari 15 SMP/MTs negeri dan swasta ambil bagian dalam ajang ini.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Agus Sunaryo mewakili Wakil Bupati KH.Yazid Mahfud dalam sambutan mengatakan, kompetisi ini  diharapkan bisa menjadi salah satu upaya untuk menciptakan masyarakat Kebumen khususnya pelajar lebih berdaya. Memiliki kekuatan, kemampuan dan tenaga untuk membangun dan menyejahterakan Kebumen, sebagaimana tertuang dalam Visi Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016-2021, yakni Bersama Menuju Masyarakat Kebumen yang Sejahtera, Unggul, Berdaya, Agamis dan Berkelanjutan.  

"Mari kita ciptakan generasi muda Kebumen sebagai generasi yang kreatif dan inovatif serta memiliki semangat kompetisi yang sehat. Semangat ini perlu dimiliki oleh setiap orang untuk memperbaiki diri," ujar Agus Sunaryo.

Agus Sunaryo memaparkan, melalui olimpiade ini para pelajar dapat belajar memahami arti nilai semangat juang, sportifitas, ketenangan, dan kesiapan menghadapi  kekalahan. Selain itu juga belajar rendah hati meski menjadi pemenang serta belajar kebersamaan dan kejasama tim. 

"Saya berharap, Olimpiade ini bisa menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat, menjadi pengalaman belajar dan kegairahan dunia pendidikan kita. Kita dorong generasi muda kita untuk meningkatkan kualitas diri dalam berbagai bidang positif.  Generasi muda kita jangan sampai terjerat dalam pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba yang dapat merusak kehidupannya di masa depan. Manfaatkan masa muda untuk mencari bekal dan mengembangkan diri sebaik-baiknya dengan meraih prestasi setinggi mungkin," jelas Agus Sunaryo.

Pada kesempatan tersebut Wabup melalui sambutan tertulisnya berpesan
kepada para peserta Olimpiade agar menampilkan kemampuan terbaik. Jadikan ajang ini sebagai media belajar dan menambah pengalaman. Kalah dan menang bukan tujuan akhir. Optimisme, Sportifitas semangat juang dan semangat menuntut ilmulah yang penting. Dan kepada seluruh elemen masyarakat, baik orang tua, guru, serta stakeholder lain agar selalu meningkatkan perhatiannya kepada pendidikan putra-putrinya. Baik pendidikan umum maupun pendidikan agama. Sehingga generasi muda Kebumen nantinya menjadi generasi muda yang berkualitas jasmani dan rohani.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara olimpiade, Aris Puji Setiawan SE mengatakan, dalam olimpiade kali ini ada beberapa cabang yang dilombakan seperti Fun Science, Outbond, Da'i Remaja, Story Telling, Roket Air serta lomba seni tari. Ada sejumlah hadiah yang disediakan untuk para pemenang diantaranya adalah  73 medali, piala bergilir dan lainnya.

"Olimpiade ini sebagai ajang untuk membangun dan membina spirit buat para pelajar kita agar lebih berprestasi lagi di kemudian hari," ujar Aris.

Hadir dalam acara pembukaan olimpiade,  Ketua Pengurus Cabang Muhammadiyah Gombong Widianto Triatmaji, Muspika Kecamatan Gombong serta paguyuban wali siswa SMA Muhammadiyah Gombong. (mn).