BALITA SEHAT LANSIA BAHAGIA

BALITA SEHAT LANSIA BAHAGIA

KEBUMEN ON NEWS - Posyandu dan Poslansia merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Desa Blater setiap bulan sekali. Kegiatan ini dilakukan di tiap pedukuhan di Desa Blater dengan waktu yang berbeda. Kegiatan Posyandu pesertanya adalah para balita sedangkan untuk Poslansia merupakan para lansia atau lanjut usia. Di Posyandu sendiri para balita akan ditimbang dan di data oleh petugas kesehatan. Tujuannya adalah untuk mengetahui perkembangan berat badan dan juga tinggi badan para balita. Selain itu juga pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada balita yang menderita suatu penyakit atau tidak. Selain penimbangan, para balita juga akan di imunisasi dan diberi vitamin oleh petugas kesehatan supaya sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Apalagi sekarang ini memasuki musim penghujan. Pada saat seperti ini akan mudah terserang penyakit jika sistem kekebalan tubuh berkurang. 

Sedangkan untuk Poslansia yang merupakan para lansia akan diperiksa kesehatannya seperti tekanan darah dan gula darah. Dalam Poslansia para lansia dapat berkonsultasi terkait kondisi kesehatannya. Selain itu juga dapat melakukan pemeriksaan diri apabila terdapat gejala yang merupakan tanda-tanda akan sakit. Hal ini sangat memudahkan para lansia karena selain melakukan pemeriksaan kesehatan mereka juga mendapatkan sosialisasi tentang bagaimana untuk hidup sehat misalnya tentang makanan yang sehat dan yang kurang sehat, juga makanan yang harus dikonsumsi supaya tetap sehat. Dalam hal ini petugas kesehatan akan  memberikan pelayanan sebaik mungkin. Para lansia akan diperiksa satu persatu mulai dari cek tekanan darah, berat badan, hingga cek gula darahnya. Apabila ada mendapati peserta yang menderita suatu penyakit disediakan juga obat-obatan oleh petugas kesehatan.

Dalam kegiatan Posyandu dan Poslansia, tidak hanya dilakukan pemeriksaan kesehatan saja, tetapi juga diadakan senam bersama untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Pesertanya merupakan  para lansia dan para ibu-ibu, sedangkan instrukturnya adalah petugas kesehatan yang bertugas. Senam bersama ini dilakukan untuk mempererat pertemanan, juga dengan senam para ibu-ibu dan para lansia akan merasa senang. Pada kesempatan ini dapat diadakan senam karena selagi ada kesempatan untuk berkumpul juga. Senam yang dilakukan dimulai dari pemanasan, senam anti stroke, dan senam anti diabetes. Dengan gerakan senam yang mudah diingat juga akan membuat para ibu-ibu dan lansia mudah untuk melakukan setiap gerakan. Petugas kesehatan juga menghimbau supaya dapat dilakukan juga dirumah. Setelah bersenam bersama, para kader akan memberikan makanan tambahan yang baik untuk kesehatan juga. Makanan tambahan yang disediakan bermacam-macam, terkadang bubur kacang hijau, puding, susu kedelai, dsb.

"Demikian seperti dilaporkan oleh Ega Viata Fornila dari Desa Blater Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."