Pra Musrenbangcam sebelum Musrenbangcam Kecamatan Klirong

Pra Musrenbangcam sebelum Musrenbangcam Kecamatan Klirong

KEBUMEN ON NEWS -  Senin 13 November 2017 pukul 09.00 WIB s.d selesai yang bertempat di Aula Kecamatan Klirong, Pra Musrenbangcam diselenggarakan. Dalam kegiatan tersebut dihadiri lengkap UPT Dinas yang kesemuanya memaparkan rencana dan program tahun 2018/2019. Diantaranya pemaparan dari Dinas Perikanan dan Kelautan yang cukup menyedot perhatian peserta karena dipaparkan rencana pengelolaan kawasan agribisnis Perikanan yang disiapkan anggaran 19 Milyard.

Kegiatan yang dihadiri oleh 24 Desa se Kecamatan Klirong dan masing Desa mendelegasikan 3 orang dari 3 unsur masyarakat yaitu LMD, BPD dan Kepala Desa dimaksudkan agar dalam pelaksanaan Musrenbangcam besok pada hari Kamis, 16 November 2017 akan lebih kondusif, karena hanya akan menampilkan jumlah perangkingan yang telah disusun dalam Pra Musrenbangcam ini.

Dalam proses perangkingan rencana pembangunan desa peserta dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok infra struktur, ekonomi dan sosial budaya. Masing-masing delegasi/ utusan desa mewakilkan 1 orang utusan untuk mengikuti tiap kelompok sesuai bagiannya. 4 unsur yang dinilai dalam perangkingan diantaranya perihal ( Mendesak/tidak, penerima manfaat, mendukung pengentasan kemiskinan, pendapatan masyarakat dan penyerapannya kemudian yang terakhir Mendukung Prioritas pertanian,pangan,perikanan/kelautan dan peternakan ) .  Masing-masing unsur diatur nilai maksimal 5, artrinya sangat mendesak, kemudian nilai 3 artinya mendukung, dan nilai 1 artinya tidak mendukung. Pembahasan dalam hal ini adalah perangkingan, masing-masing utusan desa memaparkan rencana pembangunan desanya dengan jelas dan menyampaikan dengan fakta bahwa rencananya adalah benar-benar mendesak, dimaksudkan agar nilai perangkingan tinggi.

Pelaksanaan Pra Musrenbangcam Klirong terlaksana cukup kondusif dan lancar walaupun dalam pembahasan terdapat saling unjuk program dan perencanaan masing-masing desanya demi mendapatkan dukungan melalui nilai yang tinggi, sehingga cukup ramai saling memaparkan program dan sering terjadi selisih pendapat dengan sesama peserta. Namun pada akhirnya kegiatan berjalan dengan baik, berakhir lancar, semoga apa yang direncanakan semua Desa dapat berjalan dengan baik, oleh karena niat mensejahteraan seluruh lapisan masyarakat.


    "Demikian seperti dilaporkan oleh Budi Ristyanto dari Desa Gebangsari Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."