Pemuda Karang Taruna Poncowarno mengikuti seminar di Hotel Mexolie

Pemuda Karang Taruna Poncowarno mengikuti seminar di Hotel Mexolie

KEBUMEN ON NEWS - Agar tercipta kerjasama sinergis antar semua elemen dalam rangka memelihara situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Kebumen, Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik ( Kesbangpol ) Kabupaten Kebumen menggelar Seminar Peningkatan Kapasitas  Masyarakat sipil dalam Penyelesaian Konflik Sosial pada hari Kamis, 25 Oktober 2018 di Hotel Mexolie Kebumen.

Menjelang Pilihan Legislatis (Pileg) dan  Pemilihan Presiden  ( Pilpres ) pada April tahun 2019 mendatang seluruh elemen masyarakat baik aparat Pemerintah, Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan  dan  Institusi lainnya sejak dini memperkuat dan memantapkan koordinasi, komunikasi serta kerjasama untuk mengantisipasi potensi kerawanan konflik sosial.

Seminar bersama narsumber dari Kodim 0709, Porles, serta dosen Univesritas Proklamasi 45 Yogyakarta DR. HM. HambalI SH.MH diharapkan membangun partisipasi demokrasi politik masyarakat yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta membangun komunikasi politik yang baik antar masyarakat dengan stakeholder yang baik sehingga tercipta iklim yang kondusif.

Dalam seminar tersebut di ikuti 120 peserta untuk wilayah timur Kebumen. Salah satunya Kecamatan Poncowarno yang mengirimkan 6 peserta seminar yang terdiri dari 2 Tokoh Agama, 2 tokoh Masyarakat dan 2 Anggota Karang Taruna Kecamatan. Dalam hal ini pemuda juga di harapkan ikut berpartisipasi dan mengantisipasi terjadinya konflik menjelang Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang.

Seminar dibuka oleh Plt Asisten Setda 1 Kebumen Amirudin yang mewakili Wakil Bupati Kebumen. Terkait penanganan konflik sosial, menurut Wakil Bupati dalam sambutan tertulisnya ada beberapa langkah yang perlu ditekankan dalam upaya pencegahan yakni semua elemen masyarakat memelihara kondisi damai dengan bijak dalam mengeluarkan statmen, memelihara hubungan baik, mengintensifkan informasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dan elemen masyarakat lainnya meredam potensi konflik dengan senantiasa tanggap dalam menghadapi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi, serta mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai dengan memberdayakan forum-forum yang sudah ada sesuai dengan kearifan lokal. (admin/asi)

"Demikian seperti dilaporkan oleh Adi Setia Irawan dari Desa Jatipurus Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."