Pengendalian Diri Sebagai Pondasi Bentuk Karakter Anak

16 April 2018 09:12:15 WIB | dikirim oleh : Administrator
KOMANDO DISTRIK MILITER 0709 KEBUMEN

Pengendalian Diri Sebagai Pondasi Bentuk Karakter Anak

Kodim 0709/Kebumen. Upacara bendera yang kita laksanakan hendaknya jangan hanya sebagai kegiatan seremonial belaka atau rutinitas belaka yang kurang bermakna. Tapi marilah setiap kegiatan upacara ini kita jadikan sebagai ajang untuk pengendalian diri. Sebagai contoh mulai dari masuk pintu gerbang sekolah, hendaklah kalian sudah mulai bisa mengendalikan diri, misalnya bagaimana menghormati Bapak, Ibu Guru dan karyawan, bagaimana bisa tampak rapih tanpa ditegur oleh Bapak / Ibu Guru. Hal itu disampaikan Pelda Dwi Handoyo anggota Koramil 10/Prembun ketika memberikan penjelasan tentang pentingnya pengendalian diri untuk membiasakan hidup tertib dan disiplin pada upacara bendera di halaman SD Muhammadiyah Prembun, Senin (16/04/18).  

Dijelaskan, bahwa pengendalian diri yang lain misalnya setiap bel berbunyi untuk ganti pelajaran, hendaknya anak-anak jangan pada berkeliaran ke luar kelas, kecuali kalau memang pada jam berikutnya harus pindah ruangan misalnya ke LAB atau pelajaran olahraga. Kemudian kalau jam pelajaran terakhir telah usai, jika sudah tidak ada kepentingan lagi di sekolah, hendaknya anak-anak segera pulang ke rumah masing-masing, karena orang tuamu telah menunggumu di rumah. Kalau ada PR misalnya, harus segera dikerjakan jangan membiasakan diri untuk menunda-nunda pekarjaan. Bagaimana kita harus menghormati kedua orang tua, baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada.

  

Bentuk pengendalian diri kita adalah bahwa kita harus menghormati, menyayangi kedua orang tua kita, jangan sampai orang tua kita sakit hati pada kita gara-gara sikap dan perilaku kita, jangan suka membentak.

 

Jika kita semua bisa mengendalikan diri dengan baik di mana kita berada, alangkah indahnya hidup ini, bagaikan planet-planet yang beredar pada lintasannya, tidak ada benturan-benturan, selaras, serasi dan seimbang. Dalam hidup ini memang banyak kendala-kendala, tapi hendaknya bisa menjadi kendali untuk memacu kita dalam meraih sukses.” tandasnya. (pard).