Babinsa Koramil 12/Ambal Upsus Pertanian

6 June 2018 10:43:20 WIB | dikirim oleh : Administrator
KOMANDO DISTRIK MILITER 0709 KEBUMEN

Babinsa Koramil 12/Ambal Upsus Pertanian

KODIM 0709/KEBUMEN, Para anggota Koramil 12/Ambal melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian sebagai upaya khusus (Upsus) yang merupakan salah satu bentuk loyalitas terhadap komitmen program ketahanan pangan yang menitik beratkan pada sektor lahan Padi, lahan Jagung dan lahan Kedelai (Pajale). Rabu (6-6-18).

 

Pendampingan bukan saja memonitor setiap perkembangan tanaman namun para Babinsa Koramil 12/Ambal ini juga turut aktif membantu para petani mulai dari menyemai, menanam, merawat hingga tahap panen. Dalam perawatannya para Babinsa sebagaimana yang dilakukan petani ini, ia pun melakukan penyiangan, pemupukan dan pemberian genangan air dengan cara membuat sumur bor ditepi lahan.

 

Seperti yang dilakukan pada lahan jagung Desa Entak, Kec. Ambal karena faktor cuaca dengan curah hujan yang mulai jarang maka masih ada sebagian lahan yang memerlukan genangan air, namun sebagian ada yang bisa dipanen. “Kami senang ada Babinsa, dia mau bantu disawah, di lahan dan di kebun, pekerjaan yang semula lamban berubah menjadi bisa terselesaikan dengan baik, meski begitu tidak bisa kita rampungkan hanya satu hari, dan karenanya kami dibuatkan beberapa urutan kerja oleh Babinsa, ini menunjukan respon Babinsa terhadap para petani cukup tinggi, aku bangga pada Babinsa, “ ujar slamet tersenyum. (pard)