Babinsa dan TMMD Tidak Bisa Dipisahkan, Wujudkan Masyarakat Sejahtera

6 July 2018 22:06:12 WIB | dikirim oleh : Administrator
KOMANDO DISTRIK MILITER 0709 KEBUMEN

Babinsa dan TMMD Tidak Bisa Dipisahkan, Wujudkan Masyarakat Sejahtera

KODIM 0709/KEBUMEN, Bati Bakti TNI Kodim 0709/Kebumen Peltu Harianto langsung memimpin kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digelar sejak 28 Juni 2018 lalu di Desa Sidomukti Kec. Kuwarasan Kab. Kebumen, Jumat (06/07/18).

 

Program TMMD yang ditargetkan selama kurun waktu 30 hari kedepan dengan sasaran pembuatan jalan rabat beton sepanjang 624,59 meter ini, tidak menyurutkan semangat warga dan anggota Kodim 0709/Kebumen meski sengatan matahari mulai membakar tubuh. Berkat dorongan Peltu Harianto maka warga pun antusias menyelesaikan pekerjaannya hingga batas waktu yang disepakati. TMMD yang merupakan agenda tahunan ini sangat tepat diterapkan sebagai program pemerintah dan program pembangunan guna menyetarakan kemajuan di daerah yang bermuara kepada kepentingan kesejahteraan masyarakat, sehingga melalui TMMD ini pemerintah berharap akan membawa dampak positif dan manfaat langsung bagi perekonomian masyarakat desa setempat. Bukan seberapa besar program yang direncanakan, namun hasil pembangunan itu lah yang harus memberikan manfaat bagi kebahagiaan masyarakat.

 

TMMD yang dulu lebih dikenal dengan sebutan AMD (ABRI Masuk Desa) merupakan program yang sudah lama dicanangkan pemerintah, terlebih bagi TNI sebagai pengemban amanah dari kebijakan pemerintah untuk bersama-sama masyarakat melakukan pemerataan pembangunan di pedesaan, terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal. Namun jika dikaji lebih dalam, bahwa TMMD bukan saja berperasn sebagai pemerataan pembangunan di pedesaan saja, akan tetapi memiliki fungsi utama menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dan masyarakat. Melalui kegiatan TMMD ini lah, TNI dan masyarakat begitu dekat, membaur, bersatu padu memajukan pembangunan desa-desa terpencil, TMMD patut dipertahankan karena manfaatnya bisa langsung dinikmati warga.

 

Sebagai program yang bersifat bottom up planning, TMMD dan masyarakat bersama aparat kewilayahan terendah (Babinsa) serta perangkat desa, berupaya mendefinisikan apa yang diperlukan untuk segera diadakan demi akselerasi pembangunan yang bisa mensejahterakan masyarakat setempat secara total. Dalam kontek ini lah Babinsa memiliki peran penting dalam mewujudkan aspirasi masyarakatnya. (pard)