Kodim 0709/Kebumen Gelar Kemah Juang 45

5 August 2018 21:36:36 WIB | dikirim oleh : Administrator
KOMANDO DISTRIK MILITER 0709 KEBUMEN

Kodim 0709/Kebumen Gelar Kemah Juang 45

KODIM 0709/KEBUMEN, Sebanyak 181 siswa SLTA se Kab Kebumen mengikuti kegiatan perkemahan sabtu minggu (Persami) yang diselenggarakan Kodim 0709/Kebumen dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke 73 bertempat di Makodim 0709/Kebumen. Minggu (5/8/18).

 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini disamping mewadahi bakat dan keterampilan para peserta kemah, kegiatan ini juga menjunjung jiwa korsa dan rasa persatuan dan kesatuan diantara para siswa yang tergabung dalam kegiatan kemah juang 45 ini.

 

Bertindak selaku pembina upacara Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno, dalam sambutan Dandim yang dibacakan Danramil mengatakan, “Persami Kemah Juang 45 Gerakan Pramuka ini merupakan kegiatan yang mengedepankan aplikasi lapangan sebagai wujud kesiapan sebagai komponen cadangan dalam membantu tugas-tugas TNI AD di wilayah. Saya menyambut gembira atas terselenggaranya pelaksanaan Persami Kemah Juang 45 ini yang diselenggarakan Kodim 0709/Kebumen dan partisipasi seluruh komponen yang terlibat. Kegiatan Persami Kemah Juang 45 yang akan adik-adik laksanakan adalah bagian terpenting dari serangkaian kemampuan yang selama ini adik-adik miliki. Untuk itu laksanakan kegiatan Persami Kemah Juang 45 ini dengan penuh seksama teliti dan hati-hati namun tetap dalam keadaan riang gembira. Saya sangat bangga pada adik-adik, karena ditengah-tengah pengaruh negatif yang gencar menerpa kaum muda saat ini dan tidak sedikit yang telah terjerumus pada hal-hal negatif yang menghancurkan masa depan remaja.

 

Saya Perlu ingatkan kembali bahwa kegiatan ini adalah bukan hanya merupakan tindak lanjut program Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika saja melainkan program Gerakan Pramuka Kwartir Nasional. Kesadaran Bela Negara harus tetap dibangun, dibina dan ditumbuh kembangkan dalam diri setiap warga negara sejak usia dini melalui pendidikan praktis untuk menyalurkan bakat dan minat kaum muda dalam gerakan Kepramukaan.

 

Ini adalah modal dasar pembentukan jiwa dan karakter serta kepekaan adik-adik untuk mengarungi kehidupan yang penuh liku-liku yang terjadi akhir - akhir ini. Adik-adik Pramuka adalah harapan bangsa sebagai generasi penerus kami-kami yang tua ini. Keutuhan NKRI ada dipundak kalian untuk itu laksanakan kegiatan ini yang kurang lebih hanya memakan waktu 2 hari dengan baik. Demi cinta kita terhadap tanah air, Agama mengajarkan kepada kita cinta tanah air adalah bagian dari iman.  Maka menempa diri dengan kegiatan Pramuka adalah ibadah, untuk itu saya minta adik-adik, laksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

 

Usai pembukaan para peserat mendapat pembekalan wawasan kebangsaan dan dilanjutkan permainan outbond dan wedgame serta lomba PBB hingga pentas seni, puncak acara kegiatan ini yakni dengan melaksanakan kegiatan penyalaan api unggun yang diawali kegiatan upacara dipimpin langsung Pasiter Kodim 0709/Kebumen selaku pimpinan Saka Wira Kartika.

 

“Banyak kenangan yang mendalam dalam kegiatan singkat selama dua hari ini, saya bangga dan bersyukur diberi kesempatan bisa ikut berperan aktif dalam memeriahkan kegiatan kepanduan dan menyambut peringatan HUT RI ke 73 ini, semoga Saka Wira Kartika tetap Jaya dan terus sukses, “ uangkap Kholisul Anwar siswa SMK N 2 Kebumen. (pard)