Kodim 0709/Kebumen Gelar Doa Bersama untuk Palu-Donggala

10 October 2018 13:17:22 WIB | dikirim oleh : Administrator
KOMANDO DISTRIK MILITER 0709 KEBUMEN

Kodim 0709/Kebumen Gelar Doa Bersama untuk Palu-Donggala

KODIM 0709/KEBUMEN, Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang menggelar acara doa bersama aparat pemerintah dan masyarakat Kebumen untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah Gempa - Tsunami yang melanda Palu dan Donggala Sulawesi Tengah bertempat di Masjid Agung Kauman Kebumen. Rabu (10/10/18).

 

Acara dihadiri jajaran Forkopimda Kab. kebumen, Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz, Ketua DPRD Kebumen H. Cipto Waluyo, Skes, Ns, Waka Polres Kebumen  Kompol Prayuda Widiatmoko, KH. Muhammad Nasirudin Al Mansyur dan sejumlah tokoh agama, sejumlah tokoh masyarakat, FKPPI dan insan wartawan dari berbagai media baik media masa maupun media online di lingkungan Pemkab Kebumen.

 

Selain doa bersama bagi Palu dan Donggala Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang dalam sambutannya juga mengatakan, 'Mari kita doakan saudara-saudara kita yang beberapa waktu lalu tertimpa musibah berupa Gempa dan Tsunami dengan korban lebih dari 2010 orang, untuk itulah kita semua berdoa semoga para arwah korban gempa dan tsunami tersebut mendapat ampunan Allah SWT dan Khusnul khotimah. Doa ini dilakukan juga serentak bukan saja di lingkungan Kab. Kebumen saja namun di seluruh wil Kab. Kebumen, yang Nasrani di Gereja semantara yang Hindu di Pure dan yang Budha di Wihara. Melalui doa ini semoga Bangsa Indonesia terhindar dari balak dan bencana wabil khusus semoga Kebumen selalu dalam keadaan aman dan dalam lindungan Allah SWT.' terangnya

 

Sambutan juga disampaikan Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz 'marilah kita sejenak seraya menundukan kepala mendoakan saudara-saudara kita di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, atas nama Pemerintah Kab. Kebumen kami mengucapkan banyak terimakasih atas penyelenggaraan doa bersama ini yang diprakarsai Dandim 0709/Kebumen beserta jajarannya. Saya juga mengajak kepada masyarakat Kebumen agar selalu menjaga dan senantiasa menciptakan kondisi wilayah yang sejuk terkait tahun depan sudah memasuki tahun politik, dimana Pileg dan Pilpres akan digelar, kembali ke doa bersama mari kita doakan semoga Kebumen senantiasa dalam lindungan Allah SWT.' pungkasnya.

 

Doa pun langsung dipimpin oleh KH. Muhammad Nasirudin Al Mansyur (mantan Bupati Kebumen periode 2011-2015). ini diikuti seluruh peserta yang hadir. Sebelum doa bersama dimulai KH. Nasirudin Almansyur memberikan tausyiahnya, ia mengatakan 'musibah bisa kita hindari manakala masih banyak orang yang beribadah dan memakmurkan masjid.

 

Lanjut Nasirudin, bencana pasti akan menimpa bagi orang-orang beriman sejauh mana nilai keimanan saat menerima cobaan itu untuk selalu mengingat Allah SWT, namun bencana akan ditimpakan kepada orang-orang berbuat dzolim untuk mengingatkan agar segera bertaubat atas perbuatannya yang selalu bergelimang dosa. 2010 orang yang dinyatakan meninggal dalam musibah Palu dan Donggala dan 600 orang masih dinyatakan hilang serta  untuk yang lain masih dirawat di rumah rumah sakit, semoga segera diberikan kesembuhan, mari kita doakan semoga mereka yang meninggal khusnul khotimah. Amin YRA.

 

Ada langkah-langkah sebagai antisipasi bencana adalah sholat lima waktu yang tidak ditinggalkan, bersyukur, perbanyak istigfar, untuk itu mari kita bertaubat dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT agar terhindar dari bencana, ucapnya.

 

Doa pun dilantunkan dengan membaca tahlil yang diawali dan diakhiri dengan bacaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW serta dilanjutkan doa penutup. (pard)