Ratusan Pedagang Pasar Sleman Mendatangi Pasar Giwangretno

Thursday, 6 April 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Ratusan pedagang pasar dari Kabupaten Sleman Rabu siang, 5 April 2017, mendatangi Pasar Giwangretno Kecamatan Sruweng. Kedatangan mereka disambut oleh Kabid Sarana Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen (Putut Supriadi) beserta Kasi Pembinaan Usaha dan Pengembangan Ekspor, serta Kasubag Umum dan Kepegawaian. Kedatangan mereka bukan untuk demo, tetapi untuk belajar tentang Sekolah Pasar.

Dengan memanfaatkan mushola Pasar Giwangretno, sebagian pedagang pasar dari Kabupaten Sleman tersebut mendapatkan penjelasan seputar Sekolah Pasar yang diterapkan di Pasar Giwangretno, sedangkan sebagian lainnya memanfaatkan kunjungan dengan berbelanja di Pasar Giwangretno.

Pada dasarnya, penyelenggaraan Sekolah Pasar diarahkan pada upaya perubahan pola pikir dan perilaku para pedagang pasar untuk mewujudkan pasar rakyat yang bersih, sehingga menumbuhkan kenyamanan para pengunjung pasar dalam berbelanja kebutuhannya. Termasuk dalam hal ini bagaimana sikapnya dalam melayani pembeli dengan ramah dan santun, senantiasa tersenyum walaupun pengunjung menawar harga serta memilih-milih barang bahkan urung membeli dagangannya.

Selain itu, dalam Sekolah Pasar diajarkan pula tentang penataan para pedagang beserta dagangannya yang tertata rapih sesuai dengan zonasi jenis dagangan, termasuk larangan sepeda motor masuk kedalam area pasar, sehingga memudahkan para pedagang dan pengunjung pasar dalam bertransaksi. Lebih dari itu, faktor kebersihan juga sangat diperhatikan. Tidak hanya kebersihan di dalam pasar juga di lingkungan pasar. Bahkan sampahnya pun dikelola menjadi pupuk organik melalui proses pengomposan.

Lebih jauh lagi, sesungguhnya Sekolah Pasar juga bisa menjadi media pengembangan agama, ilmu pengetahuan, dan teknologi bagi pelaku pasar tradisional, baik para pedagang, pemasok, pengecer, konsumen, dan siapapun yang menaruh kepedulian terhadap kondisi pasar rakyat.

Aksi borong mewarnai kunjungan para pedagang pasar dari Kabupaten Sleman, tidak hanya pisang, jenang, dll, bahkan Oyek pun habis dibeli yang kemudian diambilkan dari Pasar Karanganyar. Hari itu para pedagang Pasar Giwangretno senyumnya semakin mengembang, karena dagangannya laris manis diborong oleh para pedagang pasar dari Kabupaten Sleman. Semoga kunjungan tersebut diikuti oleh kunjungan-kunjungan sejenis dari daerah lainnya, sehingga makin meningkatkan kesejahteraan para pedagang Pasar Giwangretno. (admin-dtw Disperindag Kebumen)