Sambut Idul Adha Pemkab Adakan Lomba Tabuh Bedug Tingkat Kabupaten Kebumen

Monday, 12 August 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Lomba dilaksanakan di Alun-alun Kebumen, Sabtu (10/8). Tepatnya di panggung sisi timur - utara, menghadap kearah barat. Peserta berasal dari 24 kecamatan,  sedangkan Kecamatan Ayah dan Ambal tahun ini tidak mengirimkan wakil. Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahun untuk menyambut Hari Raya Idul Adha  dan mengangkat nilai-nilai budaya lokal yang Islami dengan harapan  memperkaya khazanah seni budaya Islami di Kabupaten Kebumen, ujar Kabag Kesra Drs Wahib Taman, MSi. saat memberikan sambutan laporan kegiatan dihadapan Wabup dan seluruh hadirin di tempat acara.

Ditambahkan Wahib Taman, peserta lomba wajib membawakan tiga lagu. Dua lagu wajib dan satu lagu pilihan. Lagu wajib yang harus dibawakan yaitu Takbir dan Kebumen Beriman. Sedangkan lagu pilihan, peserta bisa memilih  satu  diantara lima pilihan lagu yang ditetapkan panitia yakni Man Ana, Tholama Asykuru, Sholawat Talbiyah, Sholawat Nariyah atau Isyfa'lana. 

Pemenang lomba Tabuh Bedug Tingkat Kab. Kebumen ini akan mendapat hadiah. Juara I Rp 3.000.000, Juara II Rp 2.500.000, Juara III 2.000.000, Juara Harapan I Rp 1.500.000, Harapan II Rp 1.250.000, Harapan III Rp 1.000.000. Panitia juga telah menyiapkan  dewan juri yang merupakan ekspert dibidangnya. Ada  lima orang dewan juri mereka berasal dari Kemenag dan budayawan di Kebumen.

Wabup H Arif Sugianto SH saat sambutan pembukaan lomba menyampaikan apresiasi atas kegiatan Lomba Tabuh Bedug ini. Dan berharap semua pihak terus antusias menggali kearifan lokal sebagaimana yang telah dilakukan oleh Bagian Kesra Kebumen hari ini. Bagi Wabup makna Idul Adha adalah bagaimana kita rela berkorban. Berkorban untuk keumatan, berkorban untuk kebaikan, berkorban untuk kemaslahatan yang lebih besar. Sebagaimana pengorbanan Nabi Ibrahim dalam melaksanakan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putranya.  Bagaimana Nabi Ismail  rela menjadi korbannya dan makna seorang ibu, Siti Hajar mampu mendidik putranya menjadi anak yang sholeh, ujar Wabup.

Usai sambutan, selanjutnya  Wabup,  Kabag Kesra, Kabag Humas dan dewan juri secara bersamaan menabuh bedug sebagai tanda secara resmi pembukaan lomba dimulai. Penampil pertama merupakan peserta lomba  wakil dari Kecamatan Poncowarno.  Tim yang beranggota tujuh orang ini membawakan Lagu Takbir di susul Lagu Kebumen Beriman dengan iringan bedug yang sahdu membahana.