Gerakan Pramuka Siap Membangun Keutuhan NKRI

Wednesday, 14 August 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Upacara peringatan HUT ke-58 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kebumen berlangsung khidmat, Rabu (14/08) di halaman Gedung Bhakti Pramuka Jalan Tentara Pelajar Kebumen. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Kwarcab H Ujang Sugiyono, SH, Wakapolres Kebumen, Kompol Prayudha, Danramil 01 Kebumen Kapten Syaefudin, para Pembimbing Cabang, serta para Andalan Cabang Gerakan Pramuka. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kebumen, KH Yazid Mahfudz. 

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Pembina Upacara, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Drs. Budi Waseso mengatakan, tema yang diusung pada peringatan tahun ini adalah Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI. Menurut Purnawirawan Perwira Tinggi Polri dengan tiga bintang ini, tema tersebut hadir di tengah-tengah keprihatinan maraknya ancaman keutuhan dan keberlangsungan bangsa. Menurut mantan Kabareskrim Mabes Polri ini, globalisasi dan kemajuan iptek membawa banyak dampak, baik positif maupun negatif. Kecepatan kemajuan teknologi informasi membuat antar negara seolah tak bersekat (borderless). Kondisi tersebut juga berdampak semakin bebasnya lalu lalang orang dan barang. Khusus tentang semakin longgarnya arus lalulintas barang, menurut tokoh yang pernah menjabat sebagai Kabulog ini, disadari atau tidak juga dapat mengancam keberlangsungan suatu bangsa. Karenanya, Buwas (sebutan akrabnya), menghimbau kepada seluruh anggota gerakan pramuka untuk mengkonsumsi hasil produk pertanian lokal, bukan impor. 

Budi Waseso juga memandang penting dan menempatkan peninjauan kembali seragam pramuka termasuk atribut-atributnya, sebagai prioritas Kwartir Nasional. Hal tersebut menjadi penting untuk lebih menebalkan rasa persatuan di kalangan anggota pramuka, dari Pembina hingga anggota, dari Sabang hingga Merauke dan dari Miangas hingga Rote. Pada Upacara Peringatan HUT ke-58 ini, Gerakan Pramuka Kwarcab Kebumen juga menyerahkan berbagai bantuan kepada anggotanya. Salah satu bantuan tersebut berupa kursi roda kepada anggota pramuka disabilitas Handini Sakinati dari Gugus Depan SMPN 4 Kebumen. Bantuan diserahkan Kamabigus KH Yazid Mahfudz langsung kepada yang bersangkutan. Seusai Upacara, dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Wirabhakti, yang hanya berjarak sekitar tigaratus meter dari lokasi upacara. (im)