1096 Siswa Madrasah Ikuti KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Thursday, 15 August 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sebanyak 1096 siswa madrasah yang terdiri dari siswa Madrasah Ibtidaiyah/SD 208 siswa, Madrasah Tsanawiyah/SMP 301 siswa, Madrasah Aliyah/SMA 593 siswa pagi ini Kamis (15/08) mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Jawa Tengah yang berlangsung di Kabupaten Kebumen. Siswa madrasah tersebut merupakan perwakilan dari 35 kabupaten hasil dari KSM tingkat kabupaten di daerahnya masing-masing

Fauzan Bahtiar, salah satu panitia KSM menjelaskan bahwa dalam perhelatan tingkat provinsi ini bidang kompetisi sains madrasah yang dilombakan untuk tingkat MI/SD Mapel Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Tingkat MTS/SMP Mapel Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi. Tingkat MA/SMA Mapel Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika  Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Georgrafi Terintegrasi. Masing-masing Mapel diikuti oleh 3 orang peserta yang merupakan juara 1,2,3 tingkat kabupaten. Tes teori menggunakan metode Computer Base Test (CBT). Bagi para juara akan mendapat uang pembinaan Juara 1 sebesar Rp 2.500.000, Juara 2 Rp 2.000.000, Juara 3 Rp 1.500.000.

Pembukaan Kompetisi Sain Madrasah Tingkat Jawa Tengah telah dilakukan semalam (14/8) oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Drs H Farhani, SH MM. Bupati Kebumen beserta unsur Forkopimda hadir dan mengucapkan Selamat Datang di Kabupaten Kebumen. Bupati Yazid Mahfudz menyampaikan bahwa dari  ajang Kompetisi Sains Madrasah ini akan tercipta siswa ataupun generasi madrasah yang mumpuni dalam segala bidang ilmu pengetahuan. Dan berharap pada peserta dan pembimbing untuk mengobarkan semangat juang dan memupuk rasa percaya diri para siswa agar tidak merasa minder dalam berkompetisi.

Direncanakan KSM akan ditutup pada pukul 14.00 siang ini oleh Plt Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Imam Bukhori, SAg Msi sekaligus akan diumumkan juara dari masing-masing mapel maupun kategori. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen, H Panut berharap Kebumen dapat menjadi juara umum (sna)