Olahraga Harus Menjadi Kebutuhan Dan Gaya Hidup

Monday, 9 September 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-36 tahun 2019 tingkat Kabupaten Kebumen dilangsungkan di halaman Kompleks Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Senin pagi (09/09). Selain dihadiri oleh jajaran Forkopimda, upacara juga diikuti oleh para Kepala OPD, ASN, unsur TNI dan Polri serta pelajar SMP, SMA dan MA.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz selaku Inspektur Upacara, Menpora RI Imam Nachrowi mengatakan, tema besar Haornas tahun ini adalah "Ayo Olahraga,  di mana saja dan kapan saja". Menurut Menpora, hal tersebut mengandung pengertian bahwa Olahraga tidak terpaku pelaksanaannya hanya pada tempat-tempat yang memiliki fasilitas olahraga saja, namun dapat dilaksanakan kapanpun dan di manapun. Menpora menambahkan, olahraga tidak hanya menekankan pentingnya kebugaran jasmani, namun juga mengedepankan perlunya kesehatan rohani. Menurutnya, hal ini sejalan dengan kebijakan presiden tentang revolusi mental, SDM Unggul dan Indonesia Maju.

Karenanya, menjadi penting untuk menjadikan olahraga menjadi kebutuhan sekaligus gaya hidup bagi semua kalangan masyarakat, mengingat derajat kebugaran masyarakat yang masih perlu ditingkatkan. Dengan gerakan ayo berolahraga, diharapkan tantangan tersebut dapat terjawab. Lebih jauh Menpora memaparkan capaian-capaian yang telah didapat para insan olahraga Indonesia di berbagai ajang olahraga baik nasional, regional maupun internasional.

Pencanangan Hari Olahraga Nasional pertamakali dilakukan pada hari Jum'at tanggal 9 September 1983 di Istora Senayan Jakarta (Gelora Bung Karno), dengan jargon yang terkenal saat itu, Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat. Penetapan Haornas, didasarkan pada momentum sejarah olaraga pada masa Perang Kemerdekaan, yakni digelarnya Pekan Olahraga Nasional 9 hingga 12 September 1948 di Sriwedari, Solo. (im)