Bupati Dan Wabup Serahkan Piala Pemenang Literasi Geopark 2019

Tuesday, 17 September 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Bupati KH.Yazid Mahfudz dan Wakil Bupati H.Arif Sugianto menuerahkan hadiah berupa piala dan uang kepada para pemenang "Lomba Penulisan Artikel Literasi Geopark Untuk Meningkatkan Produk UMKM Kebumen" pada Selasa 17 September 2019. Adapun para pemenang tersebut untuk kategori umum adalah asisten peneliti UGM Ibnu Nugroho meraih juara 1, juara 2 diraih dosen Institusi Teknologi Telkom Purwokerto Ahmad Dzaki Yamani, dan juara 3 seorang komunitas kopi, Rashif Arka Muhammad. Sedangkan untuk kategori pelajar, Maharani Wijayanti dari SMA N 1 Purworejo meraih juara 1, juara 2 di raih Kamla Pangestuti dari SMA N 1 Kebumen, dan juara 3 diraih Danal Surya Sakti dari SMA N 1 Kebumen.

Para pemenang berhasil menyisihkan total 80 peserta setelah melalui proses penjurian yang dilakukan oleh Ir. Junaedi Fathurohman M.Si yang merupakan Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Karangsambung Karangbolong, Edi Hidayat ST, MT Kepala LIPI Karangsambung, Teguh Hindarto S.Sos, M.Th seorang budayawan Kebumen, Sigit Asmodiwongso Ketua Rumah Martha Tilaar Gombong dan Eko Budiyono M.Si dari Dinas perindustrian dan perdagangan Kebumen.

Kepala Disarpus Kebumen, Anna Ratnawati M.Si mengatakan kegiatan lomba ini sebagai salah satu upaya Disarpus dalam memperkenalkan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong kepada masyarakat luas.  Selain itu juga sebagai bagian dari kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia dan hari jadi ke- 399 Kabupaten Kebumen.

"Melalui Lomba Penulisan Artikel Literasi Geopark Untuk Meningkatkan Produk UMKM Kebumen" yang dihelat sejak awal Agustus ini diharapkan dapat memperkaya literasi di Disarpus sebagai pusat pembelajaran melalui perpustakaan. Kedepannya diharapkan masyarakat Kebumen semakin cerdas dengan memanfaatkan beragam buku bacaan sebagai penambah ilmu pengetahuan mereka," tutup Anna Ratnawati M.Si. (Mn)