Antisipasi Bencana, BPBD Akan Gelar Apel Siaga

Friday, 25 October 2019 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Dalam rangka persiapan pelaksanaan  apel siaga menjelang musim hujan Tahun 2019 / 2020  ,Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen melaksanakan rapat di ruang rapat BPBD pada  Kamis 24 Oktober 2019. Rapat dihadiri oleh OPD terkait, Polres, Kodim , Forum Relawan , Forum PRB dan undangan lain. Rapat dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Drs . Eko Widianto. Eko menyampaikan  Apel Siaga ini merupakan kegiatan rutin dalam menghadapi musim hujan. Mengingat dampak musim hujan yaitu banjir ,longsor , puting beliung  , pohon tumbang  dan ini lengkap ada di Kabupaten Kebumen. Untuk pelaksanaan apel siaga akan dilaksanakan di wilayah kecamatan seperti tahun 2018 apel siaga dilaksanakan di Kecamatan Sadang.  Untuk tahun  2019  akan  dilaksanakan di Kecamatan Kuwarasan yang rencananya di pusatkan di halam SMP N Kuwarasan sebagai Pembina Apel Siaga Bupati Kebumen . Untuk Undangan Forkompimda , Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Kebumen. Pelaksanaan Apel Siaga belum ditentukan hari dan tanggalnya ,tetapi  direncanakan pada akhir bulan November. Namun harus ada upaya persiapan awal. Peserta Apel Siaga terdiri dari Unsur TNI , Polri , utusan dari OPD , Ormas,relawan, masyarakat desa dan siswa serta peserta khusus dari pesantren di Kecamatan Kuwararasan.

Dalam Apel Siaga tersebut tidak akan di display Logistik BPBD namun akan ada beberapa aksi yaitu gerakan bersih- bersih sungai dan penguatan tanggul sungai serta penanaman pohon jambe .Kepala Pelaksana BPBD Drs. Eko Widianto juga menyampaikan untuk Aktivasi posko kebencanaan  di OPD dan kecamatan  agar melaporkan ke Bupati dengan tembusan ke BPBD dengan menyertakan kontak person agar bisa dihubungi jika terjadi bencana untuk koordinasi sewaktu - waktu. Untuk laporan kebencanaan diharapkan  berjenjang dari desa ,kecamatan dan Bupati.

Ditahun 2019 ini BPBD akan memfasilitasi alat komunikasi terkait kebencanaan . BPBD juga akan memecah logistik diantaranya alat transportasi untuk pengangkut  kapal untuk Standby  di Kecamatan  Kuwarasan. Kodim  Standby perahu karet dan mobil transportasi untuk pengangkut kapal . Sehingga jika terjadi bencana dalam pergerakan bisa cepat dalam pertolongan hal ini untuk  meminimal korban bencana.  Selain itu Kalak  BPBD juga berharap ada partisipasi OPD dan Instansi  untuk membuat banner peringatan daerah rawan bencana di daerah untuk pemberitahuan  kepada masyarakat, dan  bisa kerja sama dengan dunia usaha dalam pembuatan banner.