Bupati KH. Yazid Mahfudz: Pemuda Kebumen Harus Visioner

Monday, 28 October 2019 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Pemuda sebagai generasi milenial harus visioner, idealis, inovatif, dan kreatif dalam menghadapi tantangan kedepan. Hal tersebut dikemukakan Kepala Disporawisata Kebumen, Azam Fathoni SH, M.Si saat membacakan sambutan tertulis Bupati KH. Yazid Mahfudz dalam acara pembukaan Seminar  Kepemudaan bertajuk "Bakti Pemuda Untuk Ibu Pertiwi, Jaga Bangsa Jaga Pancasila" di Gedung PKK Kebumen, Senin (28/10).

Bupati berharap, para pemuda Kebumen agar turut serta membantu jalannya pembangunan Kabupaten. Semestinya masyarakat Kebumen bersyukur, karena  Kebumen mempunyai potensi sumber daya alam (SDA) yang luar biasa. Namun SDA ini belum dibarengi dengan sumber daya manusia yang memadai. Karenanya, diharapkan pemuda Kebumen tidak hanya jadi penonton, tapi urun rembug, sumbang pikiran bagaimana memaksimalkan potensi yang ada.  Sebab,  pemikiran pemuda yang cenderung visioner, idealis, inovatif, dan kreatif akan sangat membantu pembangunan kabupaten yang lebih sejahtera.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan, tantangan terbesar pemuda adalah kemajuan jaman yang semakin canggih. Dan para generasi muda milineal masa kini agar bisa berpikir kritis, mampu mentransformasi nilai-nilai generasi sebelumnya pada era masa kini, serta membangun diri menjadi pemuda yang professional dan berintegritas. Sebab, masa depan bangsa ini ada pada genggaman  pemuda. Pemuda sebagai generasi masa depan harus memiliki karakter, kapasitas, dan daya saing agar dapat menjadi pemimpin di masa depan.

Terkait dengan perkembangan teknologi dan informasi di era digitalisasi yang saat ini telah merambah kesemua sektor kehidupan, Bupati mengingatkan agar para pemuda Kebumen ikut membantu pemerintah dalam membendung hoaks dan tidak terpancing atau ikut menyebarluaskan berita hoax tersebut yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Pemuda harus secara bersama menjaga kondusivitas lingkungan, menjaga ketertiban dan keamanan secara bersama-sama.

Namun yang tak kalah penting, kata Bupati,  para peserta seminar sebagai pemuda dan penerus masa depan pembangunan Kabupaten Kebumen agar selalu berpedoman pada 4 Pilar Kebangsaan dan  menggaungkan empat pilar tersebut demi keutuhan NKRI. Pemuda dapat merenungkan jasa para Founding fathers yang sudah meletakkan dasar-dasar berbangsa dan bernegara, sehingga nilai-nilai kebangsaan itulah yang harus di jaga,  pahami dan di implementasikan agar tetap menjadi bangsa dan negara yang besar, utuh, dan sejahtera.

Seminar ini merupakan bagian dari memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019. Seminar diikuti puluhan pemuda-pemudi dari berbagai organisasi kepemudaan dan komunitas dengan narasumber dari DPRD Kebumen, Bambang TS, Ketua KNPI Kebumen, Beniyanto dan dari Kemenag Kebumen, Drs. KH. Khamid M.Pdi. (mn)