Bap3da Diseminasi Hasil Riset Unggulan Daerah

Wednesday, 6 November 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bap3da) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Diseminasi Hasil Riset Unggulan Daerah di Balroom Hotel Mexolie Kebumen, Rabu (6/11). Diseminasi dihadiri 180 peserta dari berbagai instansi dan non instansi dengan menghadirkan narasumber Dr. Rohmaniyah dari UNS Surakarta, Riana Listanti M.Sc dari Universitas Sudirman Purwokerto, Dr. Rini Rachmawati, Dr. Sri Rum Giyarsih, dan Nyarwi Ahmad Ph.D dari Universitas Gadjah Mada Jogyakarta.

Dalam diseminasi terpapar sejumlah hasil riset unggulan daerah Kebumen diantaranya adalah Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan Berbasis STEAMS hasil riset Dr. Rohmaniyah, Analisis Kelayakan Usaha Garam hasil riset Riana Listanti, Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi menuju Kebumen Smart City hasil riset Dr. Rini Rahmawati, Pengembangan Potensi Lokal Kawasan Geopark Nasional Kebumen Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Daerah hasil riset Dr. Sri Rum Giyarsih, dan Kaum Muda sebagai pemasar digital Desa Wisata hasil riset Nyarwi Ahmad Ph.D.

Kepala Badan  Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kebumen Ir. Puji Rahayu mengatakan, hasil riset ini akan menjadi referensi pemerintah kabupaten Kebumen dalam mengambil kebijakan pembangunan kedepan yang lebih baik.

"Pada November ini akan dilakukan Musrenbang kecamatan. Karenanya hasil riset ini hendaknya dapat dijadikan masukan untuk arah pembangunan kedepan," harap Ir. Puji Rahayu.

Ir. Puji Rahayu juga menambahkan, melalui riset unggulan daerah ini segala potensi ekonomi, sosial dan lainnya yang ada di Kebumen  nantinya dapat dioptimalkan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. mn