Kebumen Gelar Apel Bendera Peringati Hari Pahlawan

Sunday, 10 November 2019 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Hari ini tepat tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan. Sama halnya dengan di berbagai daerah, Pemerintah Kabupaten Kebumen juga menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan. Upacara dipusatkan di Alun-alun Kebumen, Minggu (10/11). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati KH. Yazid Mahfudz dan peserta apel seluruh jajaran ASN, DPRD, Forkompinda, Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan, mahasiswa, pelajar dan institusi lainnya.

Bupati dalam membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliarti P Batubara mengatakan, peringatan Hari Pahlawan yang ke-74 tahun 2019 harus dijadikan momentum introspeksi diri. Bagaimana kita membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini".

Bupati menambahkan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapa pun Warga Negara Indonesia dengan bentuk aksi-aksi nyata yang dapat memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

"Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju," tandas Bupati. 

Usai apel bendera dan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bumi Wira Bhakti di Jl. Tentara Pelajar, Kebumen. Seluruh rangkaian upacara hari pahlawan diharapkan bisa meneguhkan nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara. (*)