BPBD Kebumen Gelar Apel Siaga Hadapi Musim Penghujan

Tuesday, 12 November 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kabupaten Kebumen menggelar apel kesiap siagaan menghadapi musim penghujan di halaman masjid Al Falah Desa Sidomukti Kecamatan Kuwarasan, Selasa (12/11). Apel dipimpin langsung oleh Wakil Bupati H Arif Sugianto SH dengan peserta apel sebanyak 1500 orang terdiri dari unsur OPD,TNI,Polri, Ormas dan institusi terkait lainnya.

Wakil Bupati dalam sambutan mengatakan, memasuki musim penghujan tahun ini seluruh lapisan masyarakat agar selalu siap siaga terhadap bencana banjir, tanah longsor, tanggul jebol ataupun bencana lain.

"Sudah sejak dini semestinya masyarakat siap untuk mengantisipasi segala bencana yang kapan saja bisa terjadi agar tidak menimbulkan kerugian materiil yang cukup besar ataupun korban jiwa" ujar Wakil Bupati.

Sejak awal november curah hujan sudah terjadi di Kebumen. Puncaknya bisa jadi hingga Februari 2020 mendatang.

"Hal ini harus diwaspadai, terutama rawan banjir di 157 desa di 16 kecamatan, dan tanah longsor di 53 desa di 12 kecamatan," ungkap Wabup.

Pada kesempatan yang sama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen Eko Widianto mengatakan, saat ini BPBD  telah memfasilitasi alat komunikasi, menyediakan sarana transportasi  seperti perahu karet dan mobil tak hanta di Kecamatan Kuwarasan tapi jufa di Kodim 0709 Kebunen,  serta fasilitas lainnya untuk mempercepat proses evakuasi apabila terjadi bencana, khususnya di Kecamatan  Kuwarasan yang selama ini menjadi kawasan rawan banjir. 

Usai apel siaga, seluruh peserta melakukan bersih-bersih sungai Gombong dari beragam sampah, saluran irigasi dan dilanjut dengan penanaman 10.000 pohon  di seputaran desa tersebut. (*)