Petani Sangubanyu Belum Turun Ke Sawah

Monday, 2 December 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sama seperti desa-desa di Kabupaten Kebumen pada umumnya, para petani di Desa Sangubanyu Kecamatan Buluspesantren juga belum melakukan penanaman padi musim tanam I di lahan pertaniannya. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Sangubanyu H Bambang Gunadi, saat ditemui IN FM di Kantor desa setempat, Senin (02/12).

Menurut Bambang, hal tersebut lantaran berkepanjangannya musim kemarau tahun ini. 

Dikatakan oleh Kades, masyarakat sudah melakukan berbagai upaya untuk menyegerakan penanaman. "Sebagian masyarakat sudah melakukan penyedotan air dari sungai terdekat, bahkan pembuatan sumur bor. Namun hasilnya belum seperti yang diharapkan," terangnya. 

Mengantisipasi kemarau panjang yang telah diprediksi sebelumnya, pemerintah desa telah menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan pertaniannya dengan menanam palawija, seperti kacang hijau, jagung dan kedelai. 

"Ya, kita selalu berdoa agar hujan segera turun, sehingga petani bisa segera menanam padi," harap Bambang. 

Di Desa Sangubanyu, terdapat lahan sawah pertanian seluas 163 hektare, yang terletak di beberapa blok. Pada sebagian blok sudah terdapat saluran irigasi teknis, dan sebagian lainnya merupakan sawah tadah hujan yang mengandalkan aktivitas pertaniannnya dari curahan hujan. (ims)