Pemkab Kebumen Gelar Pemeringkatan Web OPD Dan Kecamatan

Wednesday, 11 December 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID – Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar acara Pemeringkatan Website dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2019. Acara yang dihelat di Ruang Jatijajar, kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (11/12) ini diikuti oleh perwakilan OPD, Kecamatan dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kominfo, Cokro Aminoto, S.IP, M.Kes, Bupati berharap pemeringkatan website dan evaluasi keterbukaan informasi publik di Kabupaten Kebumen dapat semakin mewujudkan e-government dan pelayanan informasi publik secara elektronik. Bupati menambahkan agar website kebumenkab.go.id beserta subdomainnya mampu menjadi media komunikasi pemerintah. Oleh karena itu pengelola website diminta meng-update konten dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui penyebarluasan informasi yang mudah, benar, dapat dipercaya, luas cakupannya, berkualitas, inklusif serta menampilkan citra yang  berkaitan dengan kegiatan Pemerintah Kabupaten Kebumen.

Pada pemeringkatan web tahun ini, setelah melalui penilaian dewan juri yang berasal dari unsur PPID, Akademisi dan Komunitas Desa Digital terpilih 3 (tiga) web OPD dan Kecamatan dengan nilai tertinggi. Untuk kategori Badan/Dinas peringkat pertama diduduki oleh Dinas Naker KUKM, disusul Satpol PP dan Dinas Kominfo serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang memiliki nilai sama di peringkat ketiga. Kategori website Kecamatan, peringkat pertama diraih oleh Kecamatan Karangsambung disusul oleh Kecamatan Rowokele dan Mirit.

Setelah acara pemberian penghargaan selesai dilanjutkan dengan evaluasi keterbukaan informasi publik 2019 yang disampaikan oleh Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Slamet Haryanto, SH, MH. Slamet memaparkan capaian yang diperoleh Badan Publik Kabupaten Kebumen dalam penilaian yang dilakukan Komisi Informasi sepanjang tahun 2019 dimana nilai rata-rata dari beberapa aspek sebesar 77,63 sehingga Kabupaten Kebumen masuk dalam kategori cukup informatif.  Pada akhir acara dilaksanakan tanya jawab antara narasumber dengan perwakilan OPD.