Disabilitas Milenial Kian Terbantu Dengan Kemajuan Tehnologi.

Thursday, 12 December 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Dalam Rangka Hari Disabilitas Internasional Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) bekerjasama dengan Sentral Kegiatan Islam  (SKI)PGSD Kebumen, mengadakan Seminar Nasional Momentum Hari Disabilitas Internasional dengan tema "Tantangan Disabilitas di Era Revolisi Industri 4.0".

Kebumen merupakan salah satu Kabupaten yang memberikan perhatian besar pada penyandang disabilitas. Saat ini para penyandang disabilitas semakin terbantu dengan semakin banyaknya akses yang memudahkan mereka. Bahkan, penyandang disbilitas milenial sudah disediakan berbagai aplikasi ramah disabilitas seperti Talkback rancangan google.

Di Bandung mahasiswa ITB merancang sebuah alat Picirlet yang mampu membaca dengan mengubah tulisan menjadi suara sehingga penyandang disabilitas dapat menggunakan smartphone. Diakhir materi rektor menyampaikan untuk akui dan hargai tanamkan semangat kepada mereka untuk terus belajar sampai akhir hayat. Besarkan mereka dengan cinta dan apresiasi  positif agar mereka percaya bahwa dirinya begitu berharga. Agar kelak dewasa tidak memerlukan banyak pujian dari orang lain.

Seminar yang bertempat di Hotel Mexolie Kebumen Dihadiri oleh Bupati kebumen sekaligus sebagai Narasumber dengan Materi Kebijakan Pemkab dalam menghadapi Tantangan Disabilitas di Era Revolusi Industri 4.0.

Selain itu tampil pula Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH M Hum  yang bertindak sebagai Keynote Speaker.Ia menyampaikan tentang hakekat manusia sebagai mahluk Allah yang paling sempurna yang mempunyai kecerdasan visual, verbal, musical, logical, interpersonal, intrapersonal. Narasumber lainya yaitu dari Sasana Inklusi dan Derakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia Muhammad Joni dengan tema "Peluang dan Tantangan Kaum Disabilitas di Era revolusi Industri 4.0 Narasumber ke empat yaitu Ahmad Murtajib MA dosen IAINU Kebumen Yulianto S Pd MA MPA. Seminar dihadiri oleh 500 peserta dari unsur OPD terkait Akademisi Mahasiswa, termasuk penyandang disabilitas. (dw)